Senin, 31 Agustus 2015

Profil Kalimantan Barat


Kalimantan Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Kalimantan dengan ibu kota Provinsi Kota Pontianak.
Luas wilayah Provinsi Kalimantan Barat adalah 146.807 km² (7,53% luas Indonesia). Merupakan provinsi terluas keempat setelah Papua, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.
Daerah Kalimantan Barat termasuk salah satu daerah yang dapat dijuluki provinsi "Seribu Sungai". Julukan ini selaras dengan kondisi geografis yang mempunyai ratusan sungai besar dan kecil yang diantaranya dapat dan sering dilayari. Beberapa sungai besar sampai saat ini masih merupakan urat nadi dan jalur utama untuk angkutan daerah pedalaman, walaupun prasarana jalan darat telah dapat menjangkau sebagian besar kecamatan.
Kalimantan Barat berbatasan darat dengan negara bagian Sarawak, Malaysia. Walaupun sebagian kecil wilayah Kalimantan Barat merupakan perairan laut, akan tetapi Kalimantan Barat memiliki puluhan pulau besar dan kecil (sebagian tidak berpenghuni) yang tersebar sepanjang Selat Karimata dan Laut Natuna yang berbatasan dengan wilayah Provinsi Kepulauan Riau.
Jumlah penduduk Provinsi Kalimantan Barat tahun 2006 diperkirakan sekitar 4,12 juta jiwa (angka proyeksi), dimana sekitar 2,11 juta jiwa berjenis kelamin laki-laki dan 2,01 jiwa adalah perempuan.
Provinsi yang dilewati oleh garis khatulistiwa ini mempunyai semboyan "AKCAYA" yang berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti "Tak Kunjung Binasa".

Provinsi Kalimantan Barat terdiri dari 2 kota dan 12 kabupaten, yaitu :

Kota Pontianak
Kota Singkawang
Kabupaten Mempawah
Kabupaten Bengkayang
Kabupaten Sambas
Kabupaten Landak
Kabupaten Sanggau
Kabupaten Sekadau
Kabupaten Melawi
Kabupaten Sintang
Kabupaten Kapuas Hulu
Kabupaten Kubu Raya
Kabupaten Kayong Utara
Kabupaten Ketapang


(Sumber : wikipedia)