Korem 121/Abw Melaksanakan Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika

  • Share

SINTANG, infokalbar.com – Untuk mewujudkan generasi muda Indonesia yang memiliki ketrampilan, pengetahuan dan kesadaran dalam membela negara, Korem 121/Abw melaksanakan program pembinaan kepada generasi pemuda dalam wadah Saka Wira Kartika, yang dilaksanakan di Korem 121/Abw jln Pangeran Kuning no 1 Sintang, Sabtu (12/6/21).

Sejumlah 60 siswa dan siswi SMK Muhammadiyah Sintang telah mengikuti kegiatan pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika. Materi pembinaan ini meliputi pembinaan syarat kecakapan khusus Saka Wira Kartika yaitu Krida Navrad, Krida Pioneering, Krida Mountaineering, Krida Survival dan Krida Penanggulangan Bencana.
Dan juga pembinaan kesadaran Bela Negara dalam kepramukaan yang meliputi PBB, outbound serta Wawasan Kebangsaan yang meliputi empat konsensus dasar bangsa, sejarah nasional dan paham radikalisme serta paham bahaya laten komunis, Proxy War.

Menurut Danrem 121/Abw Brigjen TNI Ronny, S.A.P,. M. M yang diwakili Kasiter Kasrem 121/Abw Kolonel Inf Lalawi mengatakan, “Bahwa kegiatan pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika ini bertujuan untuk membina dan membentuk generasi muda bangsa Indonesia berkepribadian yang baik, berakhlak mulia, disiplin, terampil dan berjiwa kesatria serta memiliki rasa cinta tanah air dengan semangat Bela Negara,” ucapnya.

Lebih lanjut kata Kasiter bahwa dengan perkembangan zaman dan teknologi informasi saat ini para pemuda perlu dibentengi wawasan yang luas, dibekali ilmu pengetahuan, sehingga tidak terpengaruh oleh paham paham yang dapat merusak sebagai generasi penerus bangsa ini,” tutur Kolonel Lalawi.

Kita tau bahwa perkembangan teknologi ini akan memberikan dampak pola pikir terhadap para pemuda, kalau tidak ada filter yang positif maka akan berdampak negatif terhadap para pemuda sebagai generasi penerus bangsa. Nah untuk itu melalui wadah pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika ini lah diharapkan nantinya dapat terbentuk generasi muda yang mandiri, peduli, bertanggung jawab dan berpegang teguh pada nilai dan norma masyarakat. Karena materi yang diberikan salah satunya kesadaran bela negara dan wawasan kebangsaan,” jelas Kolonel Inf Lalawi. (*)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *