mgid.com, 605850, DIRECT, d4c29acad76ce94f
banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90

Polri Buka Pelatihan Satpam Gada Utama PT Khatulistiwa Media Utama Sakti di Batam

  • Share

JAKARTA, infokalbar.com – Korbinmas Baharkam Polri selaku pembina satuan pengamanan (satpam) memberikan persetujuan kepada Badan Usaha Jasa Pengamanan PT Khatulistiwa Media Utama Sakti untuk menyelenggarakan Pembukaan Pelatihan Gada Utama di Hotel Planet Holiday, Batam, Senin (18/10/2021).

Melalui siaran pers yang diterima, adapun tujuan diselenggarakan pelatihan Satpam Gada Utama adalah untuk menghasilkan manager satuan pengamanan yang memiliki sikap mental, kepribadian, kesamaptaan fisik, dan memiliki pengetahuan serta keterampilan sebagai manager/chief security dengan kemampuan melakukan analisa tugas dan kegiatan, kemampuan mengelola sumber daya serta kemampuan pemecahan masalah dalam lingkup tugas dan tanggung jawabnya.

Pelatihan satuan pengamanan kualifikasi gada utama yang diselenggarakan ini menggunakan pola 100 jam pelajaran telah sesuai dengan peraturan kapolri nomor 24 tahun 2007 tentang sistem manajemen pengamanan organisasi, perusahaan dan/atau instansi/lembaga pemerintah.

Walaupun Perpol Nomor 4 tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa belum diundangkan, namun materi pada Perkap Nomor 24 tahun 2007 masih relevan dan diselaraskan dengan kebutuhan dan perkembangan industrial security yang mencakup pengantar pelatihan, pembinaan kepribadian, pengetahuan dan keterampilan, sistem manajemen pengamanan, perundang-undangan, kesamaptaan dan lain-lain.

Pelatihan satuan pengamanan di masing-masing kualifikasi, pada awal bulan Oktober 2021 ini dapat terselenggara kembali karena adanya peningkatan kesembuhan masyarakat terhadap virus Covid-19. Dimana untuk wilayah dengan status di bawah level 3, 2 dan 1 dikategorikan dapat menyelenggarakan kegiatan masyarakat dengan skala terbatas.

Oleh sebab itu lah, Korbinmas Baharkam Polri selaku pembina fungsi, memberikan kesempatan dibuka kembali pelatihan satpam kualifikasi gada pratama, gada madya dan gada utama dengan ketentuan pemberlakuan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat dan memberlakukan penggunaan aplikasi peduli lindungi sebagai sarana kontrol di area kegiatan masyarakat, termasuk pada sarana penyelenggaraan pelatihan satpam di semua kualifikasi.

Pada masa pandemi covid 19  kekuatan Polri terfokus terhadap tugas pengamanan khususnya percepatan pemulihan perekonomian dan persiapan penyelenggaraan pon ke-20 di papua pada bulan oktober 2021 ini, sehingga dalam menegakkan aturan pendisiplinan masyarakat di masa adaptasi kebiasaan baru, tugas pengamanan di sektor terdepan sangat membutuhkan peran satuan pengamanan/ satpam untuk dapat mengendalikan situasi kamtibmas untuk tetap kondusif di areal kerjanya.

Peran satpam ini tentu sudah sejalan dengan pasal 3 undang-undang nomor 2 tahun 2002, yang menyebutkan; “Bahwa fungsi kepolisian diemban oleh kepolisian negara republik indonesia, yang dibantu oleh:

1. Kepolisian khusus (Polsus);

2. Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS);

3. Bentuk-bentuk pengamanan swakarsa, dimana satpam merupakan salah satu unsur penting didalamnya”.

Diharapkan dengan mengoptimalisasi tugas saudara dan merespon secara cepat terhadap kebijakan pemerintah untuk penerapan aplikasi peduli lindungi di area kerjanya, dapat memberikan kontribusi positif dalam rangka mendukung upaya pemeliharaan kamtibmas, melalui kewenangan kepolisian terbatas, untuk menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan kerjanya yang meliputi aspek pengamanan fisik, personel, informasi dan pengamanan teknis lainnya.

Khusus para security manager tidak cukup hanya bermodalkan aspek teknis yang berhubungan dengan peralatan keamanan, akan tetapi juga aspek– aspek sosial, psikologis bahkan aspek politis yang perlu menjadi bahan pertimbangan dalam rangka mengambil keputusan, dengan modal tersebut diharapkan security manager akan mampu menjadi mediator antara karyawan dan pengusaha, antara pengusaha dan masyarakat sekitar.

Dalam rangka proses legalitas profesi di bidang security perlu dilakukan langkah–langkah penyempurnaan terhadap instrumen pengaturan tentang standar kompetensi pelatihan profesi, asosiasi profesi dan lembaga sertifikasi profesi dibidang security yang harus dipenuhi.

Kemampuan/kompetensi di bidang kepolisian terbatas bagi setiap anggota satuan pengamanan harus tetap terjaga dan terpelihara dengan baik serta pengawasan dan pembinaan secara terus menerus oleh polri dan diharapkan para pihak berperan memberikan kontribusi bagi kemajuan security di indonesia.

Dalam acara pembukaan ini, hadir diantaranya:

1. Dirbinpotmas Korbinmas Baharkam Polri BJP, Edy Murbowo.

2. BJP Benny S.

3. Gubernur Provinsi Kepulauan Riau diwakili oleh Kadis Pariwisata, Drs  Buralimar.

4. Dirbinmas Polda Kepri, KBP Pol Rudy Hariyanto.

5. Ketua BPD Abujapi Kepulauan Riau, Dwifung Wirajaya Saputra. 

6. Ketua BPD APSI Kepulauan Riau, Daeng Syafar.

7. Direktur Utama PT Khatulistiwa Media Utama Sakti, Sunarto Poniman.

8. Ipda Rintis.

9. Penata TK l Sutarmin.

10. Ipda Bima.

(Rilis/Tasya)

  • Share