mgid.com, 605850, DIRECT, d4c29acad76ce94f

Bupati Sanggau Paolus Hadi Resmikan Gedung Layanan Perpustakaan Daerah Dan 10 Titik Wifi Publik Gratis Kabupaten Sanggau

  • Share

Sanggau, info-kalbar.com | Sekarang Kabupaten Sanggau telah resmi memiliki gedung Layanan perpustakaan yang cukup baik, nyaman dan representatif.

Gedung layanan Perpustakaan Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Sanggau yang terletak di Jalan H. Agus Salim yang berseberangan dengan rencana taman kota ini sangat layak dikembangkan dengan kebutuhan ideal perpustakaan, telah diresmikan oleh Bupati Sanggau Paoulus Hadi, Kamis (21/01/2021).

Melalui program peningkatan sarana dan prasarana aparatur, kegiatan pembangunan gedung layanan perpustakaan Dana Alokasi Khusus (DAK Reguler Perpusda) Sebesar Rp11.619.705.000.

Pembangunan gedung perpustakaan daerah Kabupaten Sanggau nilai kontrak sebesar Rp10.109.608.000. meliputi Pembangunan gedung perpustakaan, penataan interior ruangan, penataan lingkungan gedung perpustakaan, pembuatan pagar dan pembuatan grountank.

Kegiatan Pengadaan meubelair nilai kontrak sebesar Rp397.903.000, Pengadaan Ac sebanyak 12 unit nilai kontrak sebesar Rp136.850.000, Pengadaan dan pemasangan cctv nilai kontrak sebesar Rp97.372.000, Pengadaan computer sebanyak 15 unit nilai kontrak sebesar Rp210.858.400, Pengadaan printer kartu anggota sebanyak 2 unit nilai kontrak Rp25.000.000.

Perpustakaan Daerah Kabupaten Sanggau ini terdiri dari dua lantai yakni lantai dasar dan lantai satu adapun fungsi layanan untuk lantai dasar adalah sebagai ruang layanan informasi, sirkulasi, keanggotaan, multi media internet publik wifi acces, perpustakaan digital, ruang koleksi bahan pustaka umum dan koleksi anak, koleksi referensi, ruang baca, bi corner, ruang menyesuai dan mushola serta kantin.

Adapun lantai satu sebagai ruang pelestarian bahan pustaka, ruang pengolahan bahana pustaka (deposit), ruang pertemuan dan guna pelaksana pelatihan dan pertemuan dalam kapasitas 150 orang, ruang baca, ruang kerja, dan ruang fantri. Masing-masing lantai dilengkapi dengan wc untuk pria dan wanita.

Turut hadir dalam kegiatan peresmian tersebut dihadiri wabup Sanggau, Kapolres Sanggau, Kejari Sanggau, Dandim, Forkopimda, Sekda Sanggau, Ketua PKK, Gow, Dharmawanita Persatuan Kabupaten Sanggau, dan Direktur Utama PT. Malabar Mandiri.

“Kedepannya akan disiapkan suatu sistem digital yang namanya iSanggau disamping itu kami juga menyediakan pelayanan kartu anggota perpustakaan daerah Kabupaten Sanggau secara gratis dengan persayaratan copy identitas dan mengisi formulir pendaftaran serta nanti akan dipandu untuk download bersama aplikasi perpustakaan digital iSanggau melalui playstore,” ujarnya Bupati.

“Dan saya berpesan kepada masyarakat Sanggau secara khusus agar dapat memanfaatkan fasilitas ini karena dengan situasi covid-19 kebutuhan akan pengetahuan kita bisa ambil dimaana mana termasuk perpustakaan Sanggau ini ada jumlah bukunya ada sekitar 3 ribuan lebih dengan berbagai spesifik buku,” tambahnya Bupati Paolus Hadi.

Bupati Sanggau Paolus Hadi pun Launching 10 Titik Wifi Publik Gratis yang dapat diakses oleh masyarakat secara gratis dengan jam operasional pukul 07.00 Wib s.d 21.00 Wib radius sekitar 100 m, yang terletak di perpustakaan daerah, pujasera, gor indoor, balai betomu, keraton (gazebo), keraton empulor, sabang merah (panggung), mess pemda serta dirangkaikan juga penandatanganan prasasti peresmian wc dan tempat wudhu masjid hidayah tusshalihin setompak.

“Tadi juga sekalian saya meresmikan penggunaan ada 10 titik wifi gratis yang kita bekerjasama dengan berbagai pihak, dan puji tuhan 10 itu sudah kita aktfikan dan salah satunya di perpustakaan ini dan di perpustakaan ini ada di luar dan saya launchingkan tadi,” ungkapnya.

(Tasya)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *