Islamic Center Tayan Hilir Pertama di Kabupaten Sanggau

Sanggau, infokalbar.com – Kabupaten Sanggau bakal memiliki pusat keagamaan yang terpusatkan di Islamic Center. Pembangunan dimulai dengan Masjid An-Nubuwwah Tayan yang berlokasi di akses jalan menuju jembatan Tayan Kabupaten Sanggau ini sudah dimulai dibangun sejak beberapa tahun yang lalu dan sekarang masih dalam proses pelaksanaan pekerjaan.

Masjid An-Nubuwwah Tayan ini dibangun dengan biaya pribadi dan insya Allah nanti nya akan dibangun juga Gedung Ruang Perpustakaan, Kamar Fardhu Kifayah, Gerai Butik Pakaian Syar’i Toko Kitab dan Buku, Toko Infak, Barter & gratis (barang/pakaian bekas), Klinik Tibbun Nabawi, Kantor Zakat Infak Shodaqoh, Kantor KUA Kec. Tayan Hilir, Kantor Sekertariat Masjid dan Yayasan Arini Madani, PAUD, TPA, Ruang Pertemuan Umum, serta Kolam Renang untuk anak usia dini.

Desain Ruang Pertemuan Umum
Desain Klinik Tibbun Nabawi, Rumah Zakat dan KUA Tayan Hilir
Desain Masjid An-Nubuwwah Tayan

“Islamic Center ini nantinya dapat digunakan oleh semua kalangan, anak-anak, dewasa maupun lansia,” ujar Aripin Ketua Yayasan Arini Madani saat ditemui dirumahnya Kamis (11/3/2021).

Arifin mengatakan Pembangunan Masjid An-Nubuwwah tersebut di desain sendiri dengan konsepnya yang nyaman untuk beribadah, nyaman untuk beristirahat, sekaligus indah untuk berwisata rohani.

Selain menumbuhkan perekonomian masyarakat Tayan, nantinya Yayasan Arini Madani ini akan menjadi simpul pengembangan syiar islam.
Di Yayasan Arini Madani akan ada pengembangan tilawah, ada kajian ilmu keagamaan, ada lembaga pendidikan Al-Quran bagi pemula dan lain-lain. 

“Didirikan gedung Islamic Center di Tayan ini dapat difungsikan sebagai pusat pendidikan untuk generasi muslim, terutama yang berada di Kecamatan Tayan dalam rangka mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Berakhlak mulia sehat berilmu dan kreatif mandiri dan jadi warga negara yang bertanggung jawab,” ucap Aripin.

Masih dikatakan Aripin, pembangun Islamic Center tersebut dibangun diatas tanah seluas 4 hektar.

Arifin juga mengungkapkan biaya  pembangunannya menggunakan dana sendiri ,insya Alloh jika semua pihak mendo’akan serta dapat memberikan dukungan baik secara moril maupun materil maka rencana pembangunan Islamic Center Tayan akan segera dapat diselesaikan

Bahkan Aripin sangat bersyukur dengan adanya Islamic Center di Tayan ini akan menjadi motivator pendidikan agama yang baik dan mendorong terjadinya kerukunan beragama, sebab semuanya akan menjadi sarana pendidikan agama yang benar dan lurus. “Saya muslim dan saya pun yakin kalo apa yang saya kerjakan itu semua akan di hisab di hari akhir, makanya uang yang saya punya saya fokuskan untuk kemaslahatan umat dan semoga bisa menjadi amal jariyah ketika saya sudah meninggal nantinya,” harapnya Aripin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *