banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250

Kapolres Sanggau Dampingi Kunker Tim Monitoring dan Evaluasi Divisi Hubungan Internasional Polri

Sanggau, infokalbar.com – Adapun Nama-nama Tim yang ikut berkunjung ke PLBN Entikong Adalah: Brigjen Pol Amur Chandra J.B., S.H.,M.H Ses Ccb Interpol Indonesia Divhubinter Polri, Kombes Pol Fx.Arendra Wahyudi ,S.I.K., Kabag Lotas Set Ncb Interpol Divhubinter Polri, AKBP Gaspar Da Costa, S.H.,Dipl.Tr Kasubag Batas Baglotas Set Ncb Interpol Indonesia Divhubinter Polri, Pembina Deliana Purba, S.S.,Paurmin Baglotas Set Ncb Interpol Indonesia Divhubinter Polri,  Bripka Jalu Mustiko, P.Si.Spri Ses Ncb Interpol Indonesia Divhubinter Polri, Penda Endang Veriyani ,A.Md.Bhayangkara Penyelia Administrasi Pada Baglotas Set Ncb Interpol Divhubinter Polri, Brigadir Tedy Catur S Banum Baglotas Set Ncb Interpol Indonesia Divhubinter Polri.

Kunjungan Kerja Tim Monitoring dan Evaluasi Divisi Hubungan Internasional Polri Divhubinter Polri dipimpin oleh Kabag Lotas Set NCB Interpol Indonesia Divhubinter Polri Kombes Pol FX. Arendra Wahyudi, S.I.K didampingi Kasubbag Batas Baglotas Set NCB Interpol Indonesia Divhubinter Polri AKBP Gaspar Da Costa, S.H., Dipl.Tr, Kamis (18/3/2021).

Kegiatan dihadiri oleh Kapolres Sanggau AKBP Raymond M. Masengi, S.I.K., M.H, Kepala Administrator PLBN Entikong Bpk. Viktorius Dunand, S.E., M.Si. Forkopimcam Entikong, CIQS PLBN Entikong, Danramil Entikong Mayor Inf Arman Sulistiono, Danyon Satgas Pamtas Yonif R 641/Bru diwakili oleh anggota, Camat Entikong yang diwakili oleh Sekcam Kosmas Yul, Kapolsek Entikong AKBP Oloan Sihombing, Kepala Kantor BP2MI Entikong diwakili oleh Yusnita Surbakti , Kacabjari Entikong Rudi Astanto, Kepala Bea Cukai Entikong, diwakili Heri, Basuki Nur, Kepala Karantina Perikanan diwakili, Kepala Karantina Pertanian, Yongki Wahyu Setiawan, Karantina Kesehatan Pelabuhan diwakili Muarif, Komuniti Intel, BIN Entikong, Baskoro.

Dalam sambutannya Kapolres Sanggau AKBP Raymond M. Masengi, mengucapkan Puji dan Syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa dimana kita bisa dapat menerima kunjungan Divisi Hubungan Internasional Polri diwilayah hukum Polres Sanggau. Semoga dengan kegiatan ini dapat kita implementasikan di wilayah perbatasan Kabupaten Sanggau.

Acara dilanjutkan pengecekan ke Lapangan situasi dan Kondisi Saat ini di PLBN Entikong serta pelayanan di PLBN Entikong.
Setelah selesai Acara pengecekan Tim Media Menanyakan ke Kombes Fx.Arendra Wahyudi ,S.I.K dalam rangka apa? Dan apa-apa saja yang dibahasa dalam acara ini?

“Kami dari tim Divisi hubungan internasional datang ke PLBN Entikong. Khususnya nya untuk melaksanakan monitoring evaluasi pengelolaan keamanan wilayah perbatasan dan batas negara yang ada di Entikong sendiri,” Ucap Kombes Fx. Arendra Wahyudi, S.I.K.

“Nah dengan unsur-unsur terkait yang ada di PLBN dan jajaran TNI Polri yang ada di sini kita bisa berusaha untuk mengidentifikasi kendala ataupun tantangan kedepan yang dihadapi sebelum masa pandemi seperti apa, dengan adanya pandemi ada timbul dinamika seperti apa, nah kita berusaha untuk menemukan kan  sebuah konsep yang berintegrasi ataupun kerja sama antar fungsi pengelola sini yang ideal  karena merupakan prioritas pemerintah juga untuk kita penguatan perbatasan baik yang di PLBN maupun yang di wilayah sekitar nya,” Tegas Kombes Fx.Arendra.

“Harapan saya adalah bahwa kunjungan tim dari  divisi hubungan internasional Mabes Polri, bahwa tercipta kedepannya satu pengamanan yang lebih spesifik khususnya di kawasan perbatasan PLBN Entikong dan sekitarnya.
Artinya permasalahan permasalahan hukum di kawasan PLBN maupun di negara tetangga yang berhadapan langsung dengan kita bisa dilakukan upaya semaksimal mungkin dalam rangka keamanan bersama kedua negara.
Artinya nya diantara Indonesia dan Malaysia terutama di dalam sisi internal Indonesia baik unsur keamanan dari TNI Polri, bisa tercipta suatu sinergitas yang baik di dalam pengamanan area PLBN maupun di luar kawasan PLBN,” ucap Viktorius Dunand.

“Selama pandemi terjadi penurunan sekitar 80% artinya kita hanya melayani pelintas batas WNI yang kembali dari Malaysia, sedangkan WNI yang akan berangkat ke Malaysia sudah tidak bisa lagi, karena Malaysia sudah melakukan lockdown. Jadi untuk pelintas batas atau warga negara Indonesia dari Malaysia masih tetap ada namun terjadi penurunan sekitar 80% jadi tersisa sekitar 20% saja dari WNI yang pulang dari Malaysia,” tutur Kepala Administrasi PLBN Entikong. (tsy)

Leave a Reply

Your email address will not be published.