Jembatan Penghubung Antar Kampung di Entikong Hampir Ambruk

Entikong, infokalbar.com – Lebih kurang 1 tahun sudah jembatan ini belum diperhatikan oleh pemerintah untuk diperbaiki sekarang kondisi jembatan sudah sangat sangat memprihatinkan untuk dilewati oleh kendaraan roda empat khususnya karena sudah tidak bisa lagi dilewati. Sabtu (10/4/2021).

Untuk sementara ini hanya bisa dilewati oleh kendaraan roda dua itupun takut-takut karena bila-bila masa jembatan ini akan roboh karena tihang penyangga tengah jembatan tersebut sudah patah semua disebabkan terbawa oleh arus air banjir yang selalu terjadi di kawasan tersebut dan jembatan ini termasuk jembatan tertua penghubung kampung.

Jembatan ini adalah jembatan penghubung dari jalan nasional lintas Malindo perbatasan Indonesia – Malaysia ke RT 05 Entikong, Desa Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.
Adapun jembatan ini sering dilalui bahkan tiap pagi sore dilalui oleh warga Entikong dan Sontas yang nak berkebun diladang mereka di sekitar kampung Entikong RT 05 ini.

Adapun surat pelaporan permohonan jalan umum di Desa Entikong ini telah diserahkan oleh Kiki selaku Kades Desa Entikong pada tanggal 15 Januari 2021, surat pelaporan ini diserahkan ke Kantor bina marga dan sumber daya air Kabupaten Sanggau diterima langsung oleh bapak Ir. H. John Hendry selaku Kadis BMSDA.

“Ya mau bagaimana lagi, kalau dibilang takut ya takut karena jembatannya sudah sangat memprihatinkan tunggu ambruk aja ke sungai namun tidak ada pilihan lain, saya selaku warga masyarakat yang tinggal di RT 05 ini meminta kepada pemerintah dalam hal ini pihak yang terkait, supaya jembatan ini segera diperbaiki sebelum memakan korban jatuh ke dalam sungai,” tegas Demo warga yang tinggal di RT 05.

Saya selaku RT 05 jalan pak tangkir Dusun Entikong Kecamatan Entikong Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat melihat kondisi jembatan ini sangat sangat memprihatinkan tinggal menunggu ambruk saja ke sungai, jadi saya selaku RT 05 sangat sangat berharap kepada pemerintah dalam hal ini pihak terkait untuk segera memperhatikan kondisi jembatan penghubung tempat kami tinggal ini untuk diperbaiki secepatnya sebelum memakan korban dan jembatan ini adalah penghubung masuk ke kampung kami.

Jembatan ini banyak yang mempergunakan nya termasuk dari warga Dusun Sontas Dusun Entikong yang mempunyai ladang di sekitar RT 05, mereka tiap pagi sore melewati jembatan ini yang saya khawatirkan takutnya di saat warga sedang melewati jembatan ini lalu tiba-tiba ambruk Apakah tidak kasihan kepada si pengguna jembatan Tadi .
Dari itu mohonlah perhatian dari pemerintah dalam hal ini pihak terkait untuk segera memperbaiki jembatan ini terima kasih.

“Harapan saya selaku kepala Desa Entikong dan mewakili masyarakat di Desa Entikong agar surat kami ini yang diberikan kepada Dinas bina marga dan sumber daya air agar dapat ditindaklanjuti dan kegiatan di beberapa dusun yang terjadi kerusakan baik itu di jembatan dan jalan agar dapat di ditindaklanjuti dan agar dapat dipergunakan oleh masyarakat yang menggunakan fasilitas tersebut,” ucap Kiki Kades Entikong.

“Untuk jalan lingkaran BDC Tahun 2021 ini kita tangani, sedangkan jalan poros nasional sebelum SPBU sudah kita usulkan ke APBN, sementra Jalan pak Tangker RT 05 dan samping Puskesmas sudah masuk dalam daftar list program di th 2022,” Ir. H. John Hendry Kadi BMSDA saat dihubungi via WhatssApp.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *