Bank Kalbar Raih Penghargaan Dari Majalah Infobank

Jakarta, infokalbar.com Bank Kalbar berhasil meraih penghargaan TOP BUMD Awards 2021 yang diselengarakan oleh majalah Infobank atas kinerja terbaik di tahun 2020.


Penghargaan diberikan oleh Majalah Infobank dan The Asian Post di ajang “High Level Forum & Awarding Ceremony’ di Financial Hall, Jakarta, Rabu (31/3/2021) dilangsungkan secara hybrid. Selain di Financial Hall Jakarta, juga disaksikan secara daring melalui aplikasi Zoom dan channel Youtube.

Penghargaan tersebut diberikan atas dasar kajian Biro Riset Infobank bertajuk “Rating BUMD 2020” atas kinerja keuangan BUMD tahun 2020. Untuk BUMD berbentuk BPD, laporan keuangannya menggunakan data hingga periode Desember 2020. Sementara, BUMD berbentuk BPR/BPRS menggunakan laporan keuangan per September 2020 atau triwulan ketiga.


Ada lima tahapan yang dilakukan Biro Riset Infobank dalam proses penilaian terhadap BUMD tersebut.

Pertama, menentukan formula rating yang didasarkan pada perkembangan perbankan dan kebijakan regulator serta pencapaian perbankan secara industri.

Kedua, mengumpulkan data. Ketiga, mengolah angka-angka dengan berbagai rasio dan pertumbuhan yang sudah ditetapkan.

Keempat, memberikan notasi akhir untuk pemberian predikat.

Dan kelima, mengelompokkan BUMD sesuai dengan besaran modal inti dan aset.


“Sementara itu, untuk penilaian non performing loan (NPL), bagi yang NPL-nya 5% ke atas langsung didiskualifikasi,” ujar Eko B. Supriyanto, Direktur Biro Riset Infobank, dalam kata sambutannya.

Bahkan, Biro Riset Infobank mencatat pertumbuhan kinerja lembaga perbankan daerah ini lebih tinggi dibanding kinerja industri perbankan nasional pada beberapa pos keuangan.


“Untuk itu kami memberikan apresiasi dengan pemberian penghargaan Infobank Top BUMD Awards 2021 ini. Peran BUMD sebagai lembaga keuangan penggerak perekonomian di daerah sudah seharusnya didukung oleh shareholders dan seluruh stakeholders agar semakin baik kinerjanya, terlebih dalam masa pemulihan ekonomi nasional seperti sekarang ini,” papar Eko.


Dilansir dari Tribun Pontianak, Direktur Utama Bank Kalbar Samsir Ismail mengatakan bersyukur atas pencapaian kinerja pada tahun 2020 yang diraih tersebut ditengah pandemi Covid-19.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung Bank Kalbar dalam meraih pencapaian tersebut.

Terutama kepada nasabah yang telah mempercayakan dananya serta telah memanfaatkan produk-produk Bank Kalbar.


“Alhamdulillah, saya ucapkan puji syukur Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, tahun 2020 yang lalu kami bisa meraih pencapaian kinerja yang positif. Melalui raihan pencapaian kinerja ini kami mengapresiasi dukungan penuh dari Kepala Otoritas Jasa Keuangan Kalbar, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalbar, Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Kalbar dan seluruh pemegang saham Bapak Gubernur Kalbar dan Seluruh Bapak/Ibu Bupati Walikota se Kalimantan Barat, Forkopimda Provinsi Kalbar dan Kabupaten Kota se Kalbar,atas binaan dan bimbingannya, serta nasabah Bank Kalbar yang selalu menggunakan produk-prouduk Bank Kalbar,” ujar Samsir.


Ia juga mengatakan raihan prestasi ini akan menjadikan motivasi Bank Kalbar kedepan agar bisa meningkatkan kinerja yang lebih baik lagi.

“ini prestasi yang membangaakan buat kami dan mudah-mudahan kedepan kami bisa meningkatkan kinerja Bank Kalbar dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota Se Kalbar serta meningkatkan perekonomian masyarakat Kalimantan Barat dan membantu pemerintah dalam peningkatan ekonomi nasional di Kalimantan Barat. Karena Bank Kalbar Bank Kite Punya Kite,” harapnya. (Tasya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *