mgid.com, 605850, DIRECT, d4c29acad76ce94f

Pelantikan Ketua dan Anggota DPD FKOB Kabupaten Kubu Raya

  • Share

Kubu Raya, infokalbar.com – Forum Komunikasi Orang Bugis (FKOB) telah melakukan pelantikan dan pengucapan sumpah janji DPD FKOB KKR beserta sayap perempuan, pelajar atau mahasiswa.

Sayap Laskar DPD FKOB KKR oleh ketua DPW FKOB Kalbar, dengan Deni Akbar yang di dampingi oleh Ketua Umum DPP FKOB Indonesia, DR.Ardiansyah, Wakil Ketua Bidang sayap DPP FKOB Indonesia, Ibu Surhaini,SKM.MH, sekaligus penyerahan SK, Bendera Pusaka, Papan Sekretariat, Penyematan PIN, Pembagian KTA oleh KORBID Sayap Perempuan DPW FKOB Kalbar, Puang Yasmin Yasin,S.Sos .

Pelantikan ketua dan anggota DPD FKOB kabupaten Kubu Raya, berlangsung di rumah kediaman ketua DPDl FKOB di desa sui Belidak kecamatan sui Kakap Kubu Raya, Turut hadir dalam pelantikan tersebut Camat sui kakap, Kapolsek sui kakap , Damramil sui kakap, Ketua KPU KKR , Kades Kalimas, Kades pal 1X dan Tokoh masyarakat Bugis Kubu Raya. Jumat (16/04).

Ketua Umum DPP FKOB. DR. Ardiansyah, SH.MH saat di wawancarai awak media menjelaskan
Pelantikan ini merupakan bentuk konsilidasi internal forum komunikasi orang bugis khususnya di kabupaten kubu raya , setelah pelantikan DPD ini akan berkelanjutan pelantikan-pelantikan sampai ke DPC dan sampai ke sayap-sayap FKOB seKabupaten Kubu Raya.

FKOB terbentuk tidak lepas dari visi dan misi kita bagaimana melestarikan adat budaya Bugis yang mulai hilang dan mulai tertinggal maka dengan adanya keberadaan FKOB ini mulai bangkit pengenalan-pengenalan adat budaya bugis , apalagi di kubu raya mayoritas ini bugis maka kita perlu lestarikan adat budaya bugis”. Jelasnya.

FKOB sudah 3 tahun berdiri dan tidak putus kegiatan ,selain kegiatan internal FKOB juga ada kegiatan yang bersinergi dengan pemerintah misalnya kegiatan tahun ini kita mengadakan festival adat budaya bugis terbesar di Kalimantan Barat yang nanti pusatnya berada di kakap.

“Kegiatan festival adat budaya bugis ini yang terbesar karena dengan anggaran ratusan juta yang akan di adakan di kakap”.

Lanjut ardi, juga akan ada pemilihan bujang dare anak Ogi itu merupakan kegiatan wisata yang sifatnya nasional karena siapa pemenangnya akan mewakili kalbar dalam festival-festival pemilihan duta anak Ogi seindonesia , juga ada festival Tar terbesar kita akan memecahkan rekor Muri seindonesia dengan adanya festival Tar terbesar yang berpakaian adat yang akan dilaksanakan oleh FKOB.

“Tar merupakan aset budaya kita dan juga punya sejarah yaitu aset budaya orang bugis”.

Ketua DPD FKOB KKR, dengan jumher,Amd menambahkan dalam pelantikan ini kita akan membudayakan atau melestarikan adat budaya bugis di kabupaten Kubu Raya , banyak adat istiadat bugis yang sampai saat ini makin lama makin di hilangkan sehingga sangat di sayangkan kalau adat budaya bugis lalu hilang begitu saja , dengan adanya FKOB semata-mata untuk meningkatkan adat dan budaya bugis , yang ikut bergabung di dalam FKOB ini dari kubu raya , kotamadya pontianak bahkan sampai di luar daerah seperti Kabupaten Mempawah, Sanggau, Sintang, Ketapang dan Singkawang.

“Visi dan misi dari FKOB yaitu Sipakatau artinya saling mengiyakan, sipakalebih artinya saling melebihi, Sipakainge artinya saling menghormati”.

Lanjut jumher, program kita setelah dilantik untuk FKOB kita akan mengembangkan sayap FKOB dari tingkat kecamatan sampai tingkat desa , kita akan berusaha untuk melakukan kerja sama yg baik dengan sinergi pada pemerintahan kabupaten Kubu Raya dan akan menciptakan suatu kerukunan hidup antara sesama suku yg ada di Kubu Raya.

“Untuk dukungan dari pemerintah sampai saat ini untuk melakukan aksi kegiatan pawai budaya kami juga mengikuti dan di undang oleh Kabupaten Kubu Raya”.

Jumher berharap untuk kabupaten kubu raya agar bisa membantu juga kelemahan-kelemahan dari FKOB dari sisi anggaran agar kegiatan organisasi ini semakin berkembang “. Harapnya. (Yuni)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *