banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250

TNI/ Polri Bersama Tenaga Kesehatan Lakukan Pemantauan Terhadap Pasien Suspect Covid-19 di Anjungan

Mempawah, infokalbar.com – Babinsa Koramil Sungai Pinyuh bersama anggota Polsek Anjongan dan tenaga kesehatan memantau langsung kondisi pasien suspect Covid -19 di Desa Anjungan Dalam, Kecamatan Anjongan Kabupaten Mempawah, Kamis (20/05/2021).

Danramil Sungai Pinyuh, Mayor Inf Amiruddin mengatakan, pemantauan dan pengecekan terhadap pasien suspect Covid-19 ini dilakukan guna mengantisipasi atau sebagai langkah pencegahan terhadap penularan yang lebih luas, terutama kepada keluarga yang bersinggungan langsung dengan pasien.

“Pemantauan yang dilakukan mengantisipasi manakala yang bersangkutan sakit dan menunjukkan tanda-tanda gejala virus Corona, maka dengan cepat kita bisa melakukan pelacakan dan memberikan penanganan lebih lanjut,” ucap Danramil.

Senada dengan itu, Babinsa Anjungan, Serda Paino menjelaskan, dalam kegiatan, menghadirkan tenaga kesehatan guna melakukan pemeriksaan dan pemantauan lebih lanjut terhadap pasien suspect Covid-19.

“Pemantauan dilakukan terhadap pasien, diantaranya, Sabinus dan keluarganya, serta Widodo dan keluarganya,” jelas Serda Paino.

Serda Paino menjelaskan, adapun pengertian suspect Corona–diambil dari istilah medis–yang menyatakan bahwa seorang pasien diduga mengidap Covid-19. Artinya, kata dia, belum tentu juga atau belum bisa dipastikan apakah yang bersangkutan positif atau negatif.

“Tetapi dalam pengawasan tenaga kesehatan, dan tentunya perlu isolasi mandiri untuk mencegah terjadinya penularan terhadap masyarakat sekitar,” katanya.

Serda Paino menambahkan, langkah-langkah bijak seperti pemantauan oleh petugas, melakukan isolasi mandiri oleh masyarakat sendiri dan lainnya, sangat bermanfaat dalam upaya pencegahan.

“Untuk meningkatkan kewaspadaan kita, perlu mendisiplinkan diri untuk menerapkan protokol kesehatan, dan juga mengharap masyarakat ikut partisipasi menekan terjadinya penyebaran virus Covid -19 ini,” himbaunya.

Terlibat dalam tim Tenaga Kesehatan Pemantauan Terhadap Pasien Suspect Covid -19 tersebut, diantaranya, Camat Anjongan, Kepala Puskesmas Anjongan dan anggota, Anggota Koramil 02/Sungai Pinyuh, Polsek Anjungan. (FikA)

Leave a Reply

Your email address will not be published.