Berita  

Tuju SDM Berdaya Saing Global, Dansatgas Yonif 512 Kerahkan Personel Jadi Guru di Perbatasan Papua-PNG

PAPUA, infokalbar.com – Demi terciptanya generasi penerus bangsa yang berkualitas di bidang pendidikan, Dansatgas Yonif Mekanis 512/QY, Letkol Inf Taufik Hidayat mengerahkan jajarannya yang berada di Pos Yamara Satgas Pamtas RI-Papua New Guinea (PNG) untuk membantu para guru mengajar di SD PGRI Yamara, yang terletak di Distrik Mannem, Kabupaten Keerom, Rabu (23/06/2021).

Melalui keterangan pers yang diterima Pen Satgas Yonif 512/QY, Kamis (24/06/2021), kepedulian Satgas Yonif 512 terhadap dunia pendidikan tersebut berkat dorongan sosial dengan tujuan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dapat berdaya saing di era globalisasi.

“Demi kemajuan bangsa dan negara khususnya di wilayah perbatasan Papua – Papua New Guinea,” ujar Dansatgas.

Ia mengungkapkan, bahwa peran serta guru di sekolah sangatlah penting sehingga pembentukan karakter di sekolah akan mempengaruhi kepribadian anak nantinya.

“Bimbingan dan arahan dari para guru sekolah akan membentuk karakter para siswa, ini yang mendorong kami untuk masuk ke dalamnya, ikut berbaur memberikan bantuan tenaga pendidik agar pelaksanaan belajar mengajar dapat tercapai dengan maksimal,” tutur Letkol Inf Taufik.

Selain mengajarkan ilmu pengetahuan umum, Satgas Yonif 512, juga secara rutin melatihkan kegiatan PBB di sekolah-sekolah yang dikunjungi. Ia menyampaikan, PBB merupakan modal dasar untuk membentuk karakter yang disiplin dan bertanggung jawab.

“Tidak hanya memberikan materi pelajaran saja, di sela waktu istirahat anggota Pos Yamara juga memberikan motivasi kepada anak-anak agar lebih rajin untuk belajar agar kelak menjadi siswa yang berprestasi sehingga dapat membanggakan putra daerah Papua,” ujarnya.

Sementara itu, para guru di SD PGRI Yamara menyambut baik kedatangan anggota Pos Yamara. Soni (54 tahun) selaku Kepala Sekolah mengungkapkan, bahwa kehadiran anggota TNI di sekolah mereka sangat lah berarti.

“Kami sangat senang dengan kedatangan anggota TNI dari Satgas Yonif 512/QY Pos Yamara, Bapak-bapak TNI dapat memberikan warna dan teknik tersendiri dalam menyampaikan materi pelajaran kepada murid-murid. Sehingga dalam hal ini murid-murid dengan mudah menyerap materi yang diberikan oleh Bapak-bapak Satgas Yonif 512/QY” ujarnya.

“Saya merasa bangga memiliki TNI yang sangat peduli dengan dunia pendidikan, ketika datang TNI juga selalu memberikan semangat agar anak-anak bisa meraih cita-citanya, semoga kedepan kegiatan seperti ini terus berlanjut,” harap Soni. (FikA)

Leave a Reply

Your email address will not be published.