Berita  

Warga Desa Karangan Gelar Kegiatan Ritual Adat Balala

Landak, infokalbar.com – Indonesia adalah negara yang kaya akan adat dan budaya yang selalu melekat dan sebagai bagian dari jati diri bangsa.

Seperti halnya masyarakat Desa Karangan Kecamatan Memmpawah Hulu Kabupaten Landak yang akan melaksanakan kegiatan ritual adat balala (tolak bala) pada Kamis (3/3).

Selama berlangsungnya ritual ini semua kegiatan mulai dari aktivitas pemerintah maupun swasta harus diliburkan kecuali pelayanan yang sifatnya penting seperti puskemas dan kantor polisi tetap buka.

Selain ritual balala salah satu bentuk media komunikasi dengan jubata (sang khalik) untuk meminta keselamatan, kesehatan juga masyarakat setempat percaya dapat menangkal segala hal-hal buruk yang dapat mengancam keselamatan masyarakat.

Dari wawancara awak media ini terhadap timanggong karangan Paulus Syaino mengatakan kegiatan ritual ini tutup saka pada tanggal 02 Maret 2022 mulai pada pukul 17.00 Wib akan tetapi karena pada tanggal tersebut juga ada kegiatan umat katolik ibadah hari raya Rabu Abu, maka hasil koordinasi terhadap semua pihak akan di kasih waktu sampai jam 21.00 Wib untuk melakukan kegiatan ibadah setelah waktu yang telah ditentukan tersebut selesai maka di harapkan terhadap semua masyarakat desa karangan agar menutup aktivitas.

“Saya menghimbau selama ritual ini berlangsung agar masyarakat tidak keluar rumah dan tidak ribut dan saya juga menghimbau terhadap masyarakat luar yang ingin berkunjung di desa karangan agar sementara di urungkan dulu,” tambahnya. (Gones)