mgid.com, 605850, DIRECT, d4c29acad76ce94f
banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90

Sekda Sanggau Hadiri Festival Pancur Aji

  • Share
Ket Foto: Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau Ir. Kukuh Triyatmaka, M.M., menghadiri sekaligus membuka Festival Pancur Aji dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Jadi Kota Sanggau yang ke 406, bertempat di kawasan Wisata Pancur Aji Kota Sanggau, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalbar pada Sabtu 26 Maret 2022.

Sanggau, infokalbar.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau Ir. Kukuh Triyatmaka, M.M., menghadiri sekaligus membuka Festival Pancur Aji dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Jadi Kota Sanggau yang ke 406, bertempat di kawasan Wisata Pancur Aji Kota Sanggau, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalbar pada Sabtu 26 Maret 2022.

Festival Pancur Aji dilaksanakan selama 2 (dua) hari mulai tanggal 26 Maret 2022 sampai dengan 27 Maret 2022 dengan berbagai perlombaan, diantaranya Lomba Panahan, Lomba Ketapel, Lomba Kuliner Khas Sanggau, Lomba Gasing, Lomba Sumpit, Atraksi Bepanak Ajatn, dan Lomba Kopi Tungku.

Hadir dalam kesempatan tersebut Anggota DPR RI Dr. Drs. Adrianus Asia Sidot, M.Si., Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Rizma Aminin, S.I.P., M.Si., Kepala Disporapar Kabupaten Sanggau Libertus Toto Martono, S. Sos., M.Si., Kepala OPD Kabupaten Sanggau, Ketua TP. PKK Kabupaten Sanggau Ny. Arita Apolina, S.Pd., M.Si., Ketua DWP Kabupaten Sanggau Christina Sri Kusumastuti, Dewan Juri dan para peserta lomba, serta para tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut dalam laporan Kepala Disporapar Kabupaten Sanggau menyampaikan bahwa festival Pancur Aji menjadi wadah bagi para peserta lomba untuk menyalurkan hobinya.

“Dengan adanya festival Pancur Aji ini dapat dijadikan wadah untuk menyalurkan hobi atau bakat dan diharapkan para peserta lomba yang berasal dari beberapa OPD serta komunitas ini dapat menyalurkannya,” ujar Libertus Toto Martono.

Ia juga berharap agar Festival Pancur Aji dapat masuk ke dalam Calender of Event sehingga dapat meningkatkan Pariwisata yang ada di Kabupaten Sanggau.

“Harapan kita Festival Pancur Aji ini dapat menjadi kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan sehingga dapat menjadi salah satu kegiatan yang masuk dalam Calender of Event kedepannya,” ucap Kepala Disporapar.

Selanjutnya Sekretaris Daerah yang membacakan sambutan menyampaikan bahwa kegiatan tersebut diharapkan dapat merangsang pergerakan ekonomi masyarakat serta mengembangkan keterampilan produksi kuliner khas Sanggau.

“Kegiatan ini selain bermaksud untuk kembali menstimulus pergerakan ekonomi rakyat juga diharapkan agar dapat menambah keterampilan pelaku usaha dan dapat mengembangkan produksi kuliner masing-masing peserta menjadi lebih baik di masa-masa yang akan datang,” ucap Kukuh Triyatmaka.

Ia juga berharap agar olahraga tradisional yang dilombakan dapat selalu dilestarikan dan menjadi daya tarik bagi wisatawan yang akan berkunjung ke sanggau.

“Semoga dari olahraga tradisional yang dilombakan dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan serta menimbulkan kembali geliat pariwisata di Kabupaten Sanggau sesuai dengan branding pariwisata Sanggau yaitu Boh Ke Sanggau,” ujarnya.

Diakhir sambutannya Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau juga berharap agar festival Pancur Aji dapat masuk dalam Calender of Event yang ditetapkan mulai dari Pemerintah Daerah, Provinsi bahkan sampai ke PemerintahPusat.

“Berbicara pariwisata saya berharap festival Pancur Aji tahun 2022 dapat menjadi salah satu item dalam kalender event Kabupaten Sanggau yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah dan tentunya karakter festival ini dapat dirumuskan bersama sehingga ciri khas kedaerahan di Sanggau tetap menjadi prioritas utama dalam pelaksanaan Festival,” ujar Kukuh Triyatmaka menutup sambutannya.

Selanjutnya Sekretaris Daerah Sanggau bersama tamu undangan berkeliling melihat aktivitas dari kegiatan lomba serta mencoba beberapa aksi yang dilombakan dalam Festival Pancur Aji tahun 2022.

Selanjutnya dilaksanakan penyerahan hadiah kepada para juara lomba sumpit dan ketapel serta lomba kuliner khas Sanggau.

(Libertus)

  • Share