Kunjungan Kerja Sekjen Kemenkes RI ke Entikong

Entikong, infokalbar.com – Sekretaris Jenderal Kementerian RI, Oscar Primadi beserta rombongan melaksanakan Kunjungan Kerja ke Entikong, Sanggau Kalimantan Barat.(10/4/2021).

Adapun yang ikut dalam kegiatan ini adalah Bupati Kabupaten Sanggau, Dandim 1204/Sanggau, Kapolres Sanggau, Kadis Kesehatan Kabupaten Sanggau, Kadis Sosial Kabupaten Sanggau, Kepala BPBD Kabupaten Sanggau, Satgas Pamtas Yonif 642/KPS, Kacabjari Entikong, Camat Entikong, Danramil Entikong, Kapolsek Entikong, Kepala Administrator PLBN Entikong, Kepala Kantor Imigrasi Entikong, Kepala Kantor Bea Cukai Entikong, Kepala bp2mi Entikong, Kepala Puskesmas Entikong, Kepala RS Pratama Temanggung Gergaji, Kepala Karantina Pertanian Entikong, Kepala BKIPM Entikong, Komunitas Intelijen, dan Kepala Bin Kabupaten Sanggau.

“Tadi udah lihat ya, ada beberapa peralatan yang sudah kita kirim ya termasuk mobile PCR itu kemudian segera akan ditangani di sini, tentunya apa namanya kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan streaming daripada testing ini, ya saya berharap betul-betul dapat dikelola dengan baik dengan semangat kolaborasi .Jadi tadi ada keluhan soal SDM misalnya saya hanya bisa berharap dari Dinas Kesehatan Sanggau ada tenaga dokter intensif yang berada di Puskesmas bisa diberdayakan di sini. Begitu juga mungkin ada dari Poltekkes yang Ada mahasiswa yang berkaitan dengan pemeriksaan LAB bisa dikaryakan di sini,begitu juga dengan teman-teman pusat semuanya saling bahu-membahu termasuk dari dinas kesehatan provinsi juga ada yang berkaitan dengan kebijakan,” ucap Oscar Primadi.

“Untuk itu sekali lagi kelemahan ini akan kita kembangkan terutama di lintas batas Entikong bisa menjadi contoh nasional saya berharap dengan pola kita bersama ini kita mengawal PMI kita khusus yang yang datang dari negara tetangga ,itu kan Ndak hanya Ada di sini ,ada dari Nunukan, ada di NTT, ada di Atambua, Papua dan ada di beberapa tempat. Sekali lagi di sini harus kita kelola dengan baik, kami di pusat di Jakarta juga begitu,jadi tidak hanya Kemenkes saja sendiri Kemenkes tentunya berfungsi sebagai backup untuk pelayanan kesehatan nya, untuk aspek-aspek fungsi kesehatan nya berbagai aspek-aspek dari segi kesehatan tata kelola kasus-kasus kesehatannya tetapi berkaitan bagaimana pengamanan bagaimana hal-hal yang berkaitan dengan sistem kesehatan bersama-sama dengan Satgas dengan kementerian lembaga yang lain secara lebih baik dan berkolaborasi,”tambahnya Sekjen Kemenkes RI.

Selanjutnya Rombongan Sekjen Kemenkes RI meninjau tempat isolasi di PLBN Entikong (tempat pemisahan PMI yang setelah dilakukan pemeriksaan swab Antigen dengan hasil positif) dan selanjutnya rombongan menuju ke asrama karantina (Terminal Barang Internasional) Entikong .

Rombongan melakukan pemantauan pada pelaksanaan vaksinasi covid-19 di KKP Kelas II Pontianak Wilker Entikong, rombongan melanjutkan kegiatan diskusi pelaksanaan karantina PMI, yang bertempat di Aula KKP Kelas II Pontianak Wilker Entikong dan terakhir Rombongan ke Puskesmas Entikong dilanjutkan ke Pontianak. ( Saepul/Tasya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *