Berita  

Jalan Panjang Menuju Pers Berdaulat, PWMI Serukan Kelompok-kelompok Organisasi Pers Bisa Duduk Bersama

PONTIANAK, infokalbar.com – Presiden RI, Joko Widodo atau Jokowi, mendukung adanya perbaikan regulasi pers. Jokowi menginginkan agar ekosistem industri pers Indonesia dapat terus ditata dan diatur pengelolaannya hingga semakin baik kedepannya.

Ketua Umum Persatuan wartawan Mingguan Indonesia (PWMI), Gusti Suryadarma, saat diwawancarai, menyambut baik dukungan yang diberikan oleh Presiden Jokowi tersebut.

“Alhamdulillah Presiden Jokowi setuju adanya revisi terhadap UU Pers nomor 40 tahun 1999 tentang Pers” katanya.

Gusti berharap, jalan tengah yang disodorkan Presiden Jokowi itu dapat segera mengakhiri jalan panjang menuju cita-cita pers Indonesia yang berdaulat.

“Perjuangan kita yang panjang ini ternyata tidak sia-sia, PWMI hanya menginginkan bagaimana pers Indonesia menjadi pers yang berdaulat, independen dan bertanggung jawab,” ungkap Gusti.

“Tidak seperti yang terjadi sekarang ini, dimana terjadinya kriminalisasi, ketidakpastian hukum, kezaliman dan ketidakadilan yang bahkan cenderung ke pelanggaran hukum terhadap insan pers,” tambahnya.

Namun begitu, untuk menuju cita-cita besar bersama ini, PWMI menyerukan agar segenap tokoh, para eksponen, dari kelompok organisasi-organisasi besar, hendaknya dapat duduk bersama dan bersatu, berbicara tentang masa depan pers yang lebih baik di masa-masa yang akan datang.

“Untuk ini kami dari PWMI menyerukan kepada organisasi-organisasi pers, mari kita duduk satu meja, berbicara tentang pers. Mari kita bersatu,” ujarnya.

Menurut Gusti, di Indonesia saat ini, ada 4 kelompok organisasi-organisasi pers yang  masing-masing sudah berjalan, yaitu:

  1. Kelompok Dewan Pers. 
  2. Kelompok Dewan Pers Indonesia. 
  3. Kelompok Majelis Pers Indonesia. 
  4. Kelompok di luar dari yang ke 3 tersebut.

(Yuni)

Leave a Reply

Your email address will not be published.