banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250
Berita  

Latih Bela Negara Sejak Dini, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Ajar Wawasan kebangsaan Dan Baris Berbaris

BENGKAYANG, infokalbar.com – Dalam rangka menumbuhkan sikap bela negara sejak usia dini, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns mengajarkan wawasan kebangsaan dan latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) kepada siswa-siswi SDN 08 Merendeng Desa Siding, Kecamatan Siding, Kabupaten Bengkayang.

Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong, Kabupaten Sanggau, Sabtu (12/02/2022) mengungkapkan, kegiatan bela negara berupa materi wawasan kebangsaan dan latihan PBB ini dilakukan oleh 2 orang personel anggota Pos Gunung Anggas Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns dipimpin Pratu Saeful.

Materi wawasan kebangsaan dan PBB mungkin sangat jarang sekali diterima oleh para siswa sekolah di Perbatasan RI-Malaysia karena tidak adanya tenaga pendidik yang membidangi, padahal materi wawasan kebangsaan dan PBB ini sebenarnya sangat penting diberikan kepada siswa di Sekolah karena dapat membentuk karakter dan disiplin para siswa jika dilakukan secara terus menerus, terang Dansatgas.

“Pemberian materi baris berbaris merupakan cara personel Satgas untuk menanamkan rasa disiplin para siswa sekolah dasar yang rata-rata semua masih dibawah umur, serta pembekalan wawasan kebangsaan agar murid dapat lebih mencintai tanah air ini,” ujar Dansatgas.

Dansatgas berharap anak-anak ini mampu mengaplikasikan materi yang telah diberikan dalam kegiatan sehari-hari, baik itu dilingkungan sekolah maupun tempat tinggal para siswa.

Terpisah, Danpos Gunung Anggas, Letda Inf Riyadi mengatakan, kegiatan memberikan materi wawasan kebangsaan dan melatih PBB ini bertujuan untuk membentuk karakter dan disiplin anak-anak sejak dini. latihan yang diberikan antara lain gerakan di tempat, berjalan hingga penghormatan yang baik dan benar. Walaupun dilakukan di bawah sinar matahari yang cukup terik, anak-anak mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan sangat antusias.

“Kami sangat senang telah diberi kesempatan melatih anak-anak disini, kami melihat anak-anak yang kami ajarkan juga sangat bersemangat dalam menjalani latihan dan mendengar apa yang kami sampaikan,” ungkap Danpos.

Sementara itu wali kelas V, Nety mengatakan, sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada anggota pos Gunung Anggas yang dengan tulus dan suka rela memberikan pelatihan kepada muridnya.

“Terima kasih Bapak TNI atas perhatian yang sangat luar biasa kepada murid kami. Besar harapan kami kedepan murid di sini dapat menjadi penerus bangsa yang berilmu serta memiliki disiplin yang tinggi,” kata Nety. (Pen Satgas Pamtas 643/Rilis/Wan Daly).

Leave a Reply

Your email address will not be published.