Berita  

Bantu Atasi Kesulitan Warga, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Bersama Warga Perbaiki Pipa Sumber Air Bersih

SANGGAU, infokalbar.com – Guna membantu kesulitan warga dalam memenuhi kebutuhan air bersih akibat pipa yang rusak, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns, bersama warga memperbaiki pipa sumber air bersih di  Dusun Merau, Desa Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau.

Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong, Kabupaten Sanggau, Senin (14/02/2022) mengatakan, kegiatan perbaikan pipa air bersih ini dilakukan oleh 5 orang personel Pos Entabang dipimpin Serda Fajar Alam Surahsma bersama masyarakat Dusun Merau.

“Bersama-sama mengerjakan pemasangan pipa saluran air yang sudah rusak mulai dari titik sungai sampai dengan ke perkampungan warga,” tuturnya.

Sebelumnya, sudah seminggu terakhir, debit air yang mengalir ke rumah warga sangat kecil sehingga tidak mampu untuk mengaliri seluruh rumah warga, sehingga dilakukan pengecekan oleh personel Pos bersama warga dan didapati kerusakan beberapa pipa yang bocor dan harus diganti dengan mengganti jalur pipa yang ditanam di sepanjang kampung.

“Selama ini warga bergantung air bersih pada Sungai Merau yang dialirkan menggunakan pipa dan mesin pompa air, sehingga apabila tidak mengalir mereka harus mengambil air dengan jarak yang cukup jauh,” ujar Dansatgas.

Di tempat terpisah, Danpos Entabang, Sertu A Hudani mengatakan, kegiatan perbaikan pipa ini sebagai bentuk tindakan cepat dalam mengatasi kesulitan warga akan air bersih dan juga bertujuan untuk melestarikan budaya bergotong-royong dalam mengerjakan sesuatu sehingga menjadi lebih cepat selesai.

“Kami bertugas di perbatasan ini ingin menjadi pelopor dalam tindakan nyata mengatasi setiap kesulitan rakyat sehingga tercipta kemanunggalan ‘TNI dan Rakyat’,” ucap Danpos.

Sementara itu Soni (36 tahun), warga Dusun Merau mengatakan, bahwa kerja bakti perbaikan pipa ini dapat cepat selesai atas bantuan personel Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns sehingga kebutuhan kami akan air bersih dapat teratasi secara cepat.

“Terima kasih Satgas Pamtas sudah membantu memperbaiki pipa air di dusun kami, Satgas Pamtas selalu ada buat kami di perbatasan sini,” ujarnya. (Pen Satgas Pamtas 643/Wan Daly)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *