Berita  

Cegah Tindakan Ilegal, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Lakukan Patroli Rutin Bersama Instansi CIQS di Perbatasan

SANGGAU,  infokalbar.com – Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 634/Wns (Security) melakukan kegiatan patroli bersama instansi Bea Cukai (Custom), Imigrasi (Immigration), Karantina (Quarantine) Pertanian, Karantina Kehutanan dan Karantina Ikan yang selanjutnya disebut CIQS di Jalur Inspeksi Patroli Perbatasan (JIPP) menuju Camp Jangkang, Desa Sui Tekam, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau.

Patroli bersama ini dilakukan pada Rabu siang hari (02/03/2022) oleh 3 orang personil Pos Guna Banir, 5 orang dari Kanwil Kemenkumham Kalbar Bidang Imigrasi, 4 orang dari Bea Cukai Entikong, 1 orang dari Karantina Pertanian, 1 orang dari Karantina Kehutanan dan 1 orang dari Karantina Ikan, dengan menyusuri sepanjang jalan JIPP dari Pos Guna Banir menuju ke Camp Jangkang, Desa Sui Tekam, Kecamatan Sekayam.

Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong, Kabupaten Sanggau mengatakan, kegiatan patroli bersama CIQS ini rutin dilaksanakan di sepanjang wilayah perbatasan RI-Malaysia di sektor barat Kalimantan Barat untuk meminimalisir kejahatan lintas negara. Selain itu juga, demi menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat perbatasan.

“Patroli ini rutin dilakukan oleh Satgas Pamtas bersama CIQS yang berada di wilayah perbatasan Kalimantan Barat bertujuan untuk pengecekan jalur-jalur ilegal serta tempat-tempat yang berpotensi terjadinya aktivitas illegal,” ujar Dansatgas.

Terpisah Danpos Guna Banir, Letda Inf Surono mengatakan, kegiatan patroli bersama kali ini di fokuskan pada titik koordinat dari Pos Guna Banir menuju Camp Jangkang untuk melihat secara langsung kondisi terakhir pembangunan parit di sepanjang JIPP Sui Tekam dan juga Camp Jangkang yang merupakan salah satu tempat yang sangat dekat berbatasan dengan wilayah Malaysia.

“Setelah melakukan patroli bersama di titik-titik jalur ilegal tidak ditemukan adanya kegiatan ilegal, dan rombongan kembali ke Pos Guna Banir untuk melakukan evaluasi,” ujar Danpos.

Sementara itu Kabid Inteldakim Kanwil Kemenkumham Kalbar Bapak Samuel Panggabean mengatakan sangat mengapresiasi atas kegiatan patroli bersama CIQS di wilayah perbatasan sektor barat Kalbar ini.

“Kedepan patroli ini bisa dilaksanakan secara rutin agar terjalin hubungan silaturahmi personel Satgas Pamtas RI-MLY Yonif Mekanis 643/Wns dengan instansi terkait sehingga terwujud Sinergitas antar instansi guna memberikan rasa aman dari tindak kegiatan Illegal di wilayah perbatasan,” Ujarnya. (Pen Satgas Pamtas 643/Rilis/Wan Daly)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *