Berita  

Dukung Ketahanan Pangan, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Panen Padi Bersama Masyarakat Perbatasan

BENGKAYANG, infokalbar.com – Guna mendukung program ketahanan pangan Pemerintah, Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns melakukan kegiatan panen padi bersama masyarakat di di Simpang Paum, Desa Sei Takek Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, pada Kamis (03/03/2022).

“3 orang personil Pos Kout Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns dipimpin Serda Alka melakukan kegiatan anjangsana sekaligus membantu panen padi di ladang padi milik Bapak Androsius (58) yang berada di Simpang Paum, Desa Sei Takek, Kecamatan Jagoi Babang,” kata  Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong, Kabupaten Sanggau.

Ia mengatakan, bahwa kegiatan panen padi bersama masyarakat ini merupakan wujud keseriusan Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns dalam mendukung program Pemerintah di bidang ketahanan pangan, panen padi bersama masyarakat ini juga bertujuan agar perekonomian masyarakat di kalangan petani, khususnya di Desa Sei Takek menjadi tumbuh dan berbanding lurus dengan terjaminnya stok beras yang dibutuhkan warga di wilayah Kecamatan Jagoi Babang secara umum.

Kegiatan panen padi ini agak berbeda, dimana anggota Satgas Pamtas RI-MLY Yonif Mekanis 643/Wns Pos Kout ikut berperan aktif dalam kegiatan tersebut. Sehingga  terasa lebih semarak dan sangat terlihat kebersamaan antara masyarakat dan anggota TNI, ujar Dansatgas.

“Kami mendukung Pemerintah dalam program ketahanan pangan dengan membantu warga dari mulai menanam secara nunggal sampai dengan panen dan mengolahnya untuk mencukupi kebutuhan pangan warga perbatasan,” ucap Dansatgas.

Serda Alka dari Pos Kout yang mengikuti panen padi bersama masyarakat mengungkapkan panen padi bersama masyarakat ini merupakan bentuk kemanunggalan antara TNI dan rakyat. “Kami telah membantu mulai dari penanaman bibit padi sampai dengan  panen padi untuk meningkatkan perekonomian warga khususnya dalam bidang pertanian,” ujarnya.

Sementara itu, Androsius, pemilik sawah menyampaikan ucapan terimakasih banyak kepada Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Pos Kout karena telah membantunya dengan mengenalkan, mengarahkan, mencontohkan dan membimbing serta mendampingi bagaimana cara bercocok tanam padi, merawat padi sampai dengan panen. (Pen Satgas Pamtas 643/Rilis/Wan Daly)

Leave a Reply

Your email address will not be published.