Berita  

Bag SDM Polresta Pontianak Gelar Sosialisasi Penerimaan Calon Anggota Polri Tahun Anggaran 2022

PONTIANAK, infokalbar.com – Bagian Sumber Daya Manusia (Bag SDM) Polresta Pontianak melaksanakan kegiatan “Sosialisasi/Kampanye Proaktif Penerimaan Calon Anggota Polri Setiap Hari Sepanjang Tahun Secara Massive Kepada Masyarakat Luas” di wilayah hukum Polresta Pontianak, Jumat (18/03/22).

Bertempat di SMU Negeri 7 Pontianak, kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kabag SDM Polresta Pontianak, Kompol. Prayitno.

Kapolresta Pontianak, Kombes Pol Andi Herindra melalui Kabag SDM Polresta Pontianak menjelaskan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Surat Telegram Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Nomor: ST/196/III/DIK.2.1./2022 tanggal 8 Maret 2022 tentang Pelaksanaan Sosialisasi/Kampanye Proaktif Penerimaan Calon Anggota Polri Setiap Hari Sepanjang Tahun Secara Massive  Kepada Masyarakat Luas.

Selain itu didasari pula oleh Surat Perintah Kapolresta Pontianak Nomor: Sprin/207/II/DIK.2.1./2022 tanggal 18 Februari 2022 tentang Pelaksanaan Sosialisasi/Kampanye Proaktif Penerimaan Calon Anggota Polri Setiap Hari Sepanjang Tahun Secara Massive Kepada Masyarakat Luas di Wilayah Kota Pontianak.

“Berdasarkan surat perintah Kapolresta, kami dari Bag SDM Polresta Pontianak melaksanakan sosialisasi atau kampanye ke sekolah-sekolah dengan target peserta didik yang telah duduk di kelas XII agar mereka dapat mengetahui apa saja yang menjadi persyaratan, dan mempersiapkan diri lebih baik”, ujar Prayitno.

“Kegiatan ini bertujuan agar peserta didik yang telah duduk di kelas XII di seluruh sekolah di Kota Pontianak, dan berminat mengikuti seleksi calon anggota Polri, dapat mengetahui apa saja yang menjadi persyaratan, dan mempersiapkan diri lebih baik,” jelasnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Guru Bidang Kesiswaan SMAN 7 Pontianak Moh Ali Romdlon, siswa SMA N 7 sebanyak 34 orang, dan Guru MAN 2 Pontianak Sukini, siswa MAN 2 Pontianak sebanyak 17 orang.

Dalam kesempatan tersebut, tim dari Bag SDM Polresta Pontianak menyampaikan beberapa materi sosialisasi antara lain, Sumber penerimaan calon anggota Polri tahun 2022, persyaratan umum pendaftaran Akpol, Bintara Polisi Tugas Umum, Bintara Kompetensi Khusus dan Tamtama Polri dengan mengacu pada persyaratan tahun 2021, serta mekanisme rekrutmen anggota Polri yang meliputi pendaftaran dan verifikasi, pemeriksaan administrasi awal, pemeriksaan kesehatan tahap 1, uji kesamaptaan jasmani, uji kemampuan psikologi, uji kemampuan akademik, uji akademik, pemeriksaan kesehatan tahap 2, PMK dan psikologi tahap 2, pemeriksaan administrasi akhir, supervisi panitia pusat, dan sidang kelulusan.

“Kami mengkampanyekan semua tahap penerimaan, sumber penerimaan hingga mekanisme rekrutmen anggota Polri tahun anggaran 2022 dari tahap pendaftaran dan verifikasi berkas, pemeriksaan kesehatan, tes akademik, psikologi, kesamaptaan hingga nanti sidang kelulusan,” terangnya.

“Dengan adanya sosialisasi ini kami berharap calon peserta rekrutmen anggota Polri dapat mempersiapkan diri lebih awal dengan sebaik mungkin dan siap berkompetisi dengan ratusan calon lainnya. Semua tahap dan proses penerimaan Polri kami laksanakan dengan menerapkan prinsip BETAH, yaitu Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis”, tutup Kabag SDM Prayitno. (Humas Polresta Pontianak/Rilis/Yuni)