mgid.com, 605850, DIRECT, d4c29acad76ce94f
banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90

Pertajam Sinergitas, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Bersama Instansi Terkait Lakukan Kegiatan GERMAS di Perbatasan

  • Share

SAMBAS, infokalbar.com – Sebagai bentuk sinergitas yang erat, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns bersama Polsek, Koramil, Pos Angkatan Laut (Posal) dan Puskesmas Temajuk, melakukan kegiatan Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) bertempat di Puskesmas Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas Sabtu (26/03/2022).

Demikian dikatakan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong, Kabupaten Sanggau.

Dansatgas mengatakan, kegiatan GERMAS ini dilakukan oleh 4 orang anggota Pos Temajuk dipimpin Serda Rangga bersama instansi terkait meliputi pengukuran berat badan, pengukuran tinggi badan, pengukuran lingkar perut, pemeriksaan tekanan darah, dan pemeriksaan Gula Darah Sewaktu (GDS).

GERMAS sendiri merupakan gerakan nasional yang diprakarsai oleh Presiden RI, Joko Widodo yang mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif dan rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam masyarakat paradigma sehat, terang Dansatgas.

“Tujuan GERMAS adalah menjalani hidup yang lebih sehat. Gaya hidup sehat akan memberi banyak manfaat, mulai dari peningkatan kualitas kesehatan hingga peningkatan produktivitas seseorang,” ujar Dansatgas.

Terpisah, Danpos Temajuk, Letda Inf Baso Djufri mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk penyebarluasan informasi melalui kampanye cerdik mengenai pentingnya kesehatan di Desa Temajuk dan sebagai wujud nyata adanya jalinan kerjasama yang baik antara pihak Puskesmas, Pemdes Temajuk, TNI, Polri dengan Personil Pos Satgas Pamtas.

“Dengan adanya GERMAS ini bisa memasyarakatkan perilaku hidup bersih sehat dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat,” Ucap Danpos.

Sementara itu Ketua Tim GERMAS Temajuk, Risna mengatakan, GERMAS ini adalah program Pemerintah yang bertujuan menciptakan masyarakat yang hidup sehat dari berbagai aspek.

“Kami mengucapkan terima kasih atas peran serta aktif dari bapak-bapak TNI dan Polri yang ada di Desa Temajuk ini sehingga program GERMAS dapat berjalan baik dan semoga perilaku hidup sehat ini mengakar di kehidupan sehari-hari masyarakat,” ucapnya. (Pen Yonif 643/Wns/Rilis/Wan Daly)

  • Share