Masyarakat Perbatasan Entikong Gelar acara Robok-robok

Ket Foto: Masyarakat Perbatasan Entikong Gelar acara Robok-robo, Rabu (21/9).

ENTIKONG, infokalbar.com – Masyarakat Desa Entikong kecamatan Entikong kabupaten Sanggau menggelar acara robok-robok (21/9/2022) kegiatan acaranya dipusatkan di Dusun Entikong.

Kegiatan robok-robok makan bersama-sama di tengah jalan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara sesama masyarakat kampung.

Kegiatan ini dilakukan masyarakat Entikong setahun sekali setiap bulan Safar bagi umat Islam.

Menurut H. Ade Sepriem ketua Pengurus Masjid Istiqamah Entikong kegiatan ini bertujuan untuk keselamatan kampung.

Dimana acara yang di lakukan adalah membaca surah Yasin keliling kampung sesudah sholat ashar yang kita lakukan bersama jamaah masjid Istiqomah. Kemudian kita lakukan doa bersama yaitu membaca doa tolak bala dan baca doa selamat.

‘Kita memohon Doa kepada Allah SWT agar kita terhindar dari maha bahaya dan dari segala penyakit terutama virus Corona covid-19,” jelas H. Ade Sepriem.

Ditempat bersamaan Abang Imamroyani Pengurus Dewan Adat MABM kecamatan Entikong kabupaten Sanggau mengatakan bahwa tradisional seperti ini harus kita pertahankan bahkan kegiatan acaranya kedepan harus lebih kita tingkatkan dan meriahkan.

“Untuk kedepannya acara robok-robok kita lakukan bukan hanya makan dijalan bersama tapi nanti kita lakukan mandi Safar juga, dan ia berharap kegiatan tradisi seperti ini harus didukung oleh semua pihak terutama pemerintah setempat,” tutupnya. (Syamsumen)

Leave a Reply

Your email address will not be published.