Penyerahan BLT DD di Desa Rodaya Kecamatan Ledo

Bengkayang, infokalbar.com – Telah dilaksanakan pembagian BLT DD tahap pertama untuk bulan pertama tahun 2021 di Desa Rodaya, Kecamatan Ledo, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Masyarakat yang mendapatka BLT ini ada 84 orang.stiap orang mendapatkan 300rb perbulannya. Kamis (30/4/2021).

Acara tersebut dihadiri oleh:
1.Kepala Desa ( Sumadi)
2.Camat Ledo (Marimin)
3.Babinkabtimas (BRIPKA Ali Imron)
4.Ketua BPD Desa
Rodaya (Markus Apin)
5.Perangkat Desa Rodaya
6.Dan segenap masyarakat yang mendapatkan BLT DD

Pada awal acara Camat Ledo memberikan sambutan sebelum pembagian BLT dilaksanakan. Beliau mengatakan pembagian BLT ini hasil kesepakatan bersama melalui musdesus yang sudah dilaksanakan, misalanya terkait siapa yang layak dan yang tidak layak dapat BLT tersebut.

Beliau juga menjelaskan kenapa pada tahap ketiga bulan 10,11,12 tahun 2021 BLT tidak tersalurkan.yang menjadi alasan yaitu dikarenakan dana desa tidak mencukupi untuk dibagikannya BLT pada tahap ke tiga tersebut.hal itu juga sudah disepakati melalui musdesus dikantor desa Rodaya pada bulan Oktober tahun 2020 ungkapnya.

Begitu juga ditahun 2021 ini pembagian BLT juga memalui musdesus. Tahun ini pembagian BLT tidak seperti tahun kemarin. Tahun ini BLT DD mengalami keterlambatan dalam pembagiannya.

Mudah-mudahan kedepannya Desa ini bisa mengakomodir secara cepat. Tetapi dalam kurung waktu 1 bulan apabila administrasi setelah penyaluran bisa diselesaikan dalam 1 minggu berarti Minggu ini tersalurkan untuk bulan kedua dan minggu depan dapat disalurkan untuk bulan ketiga lalu bulan keempat.

Kedepannya lagi bisa tersalurkan kembali untuk akhir bulan 5 disalurkan kembali untuk bulan ke 5 selanjutnya untuk bulan ke enam dan seterusnya bisa normal dalam penyaluran BLT.

Setiap bulannya sampai di bulan ke 12. Untuk tahun ini sudah dipagukan dari bulan 1 sampai bulan 12, jadi pasti tersalurkan ditahun 2021 ini.

“Kalaupun ada hal ha lain termasuk nanti ada team atau relawan pendataan SDGS mau tidak mau dapat mengurangi dana desa lagi untuk pendataan tersebut”, ungkapnya.

Ungkapan Camat Ledo tersebut dibenarkan oleh Kades Rodaya ketika diwawancarai oleh awak media teruma mengenai kenapa tahap ketiga dibulan 10,11 dan bulan 12 tahun 2020 tidak disalurkan. Dampak dari Covid-19 ini kami mengalami keteteran dalam pembagian dana desa untuk penyaluran BLT.

“Oleh karena itu pada bulan 10 tahun 2020 melalui musdesus disepakati tidak disalurkan BLT tahap ke 3 tahun 2020 tersebut dikarenakan dana desa yang tidak ada lagi. Pesan saya sebagai kepala desa Rodaya kepada masyarakat rodaya yang menerima BLT DD tahun ini agar mempergunakan dengan baik,” tutupnya. (JVL)

Leave a Reply

Your email address will not be published.