mgid.com, 605850, DIRECT, d4c29acad76ce94f

Tempat Pengolahan Sampah 3R Bakal Dibangun di Desa Karangan

  • Share

LANDAK, infokalbar.com – Desa Karangan Kecamatan Mempawah Hulu Kabupaten Landak salah satu desa yang mendapatkan program bangunan tempat pengolahan sampah dari kementerian PUPR tahun 2021.

Mengingat sampah juga telah menjadi fenomena disetiap daerah yang dapat merusak kebersihan lingkungan yang berpotensi menjadi sebuah ancaman bagi kesehatan masyarakat sekitar, dimana masalah tersebut menjadi perhatian yang sangat serius khususnya di desa karangan mengingat wilayah dan penduduk yang semakin padat dan juga belum mempunyai Tempat Pembuangan Akhir (TPA)

TPS3R (tempat pengolahan sampah reuse, reduce, dan recycle) yang artinya mengurangi-menggunakan-daur ulang lalu pendekatan pengelolaan 3R mulai dari menjemput sampah dari setiap rumah,memilah sampah dan mengelola sampah organik yang kemudian di jadikan kompos.

Tujuan program ini adalah agar pemerintah memberikan sarana kepada masyarakat dikawasan pemukiman padat yang ingin melaksanakan pengelolaan sampah berbasis masyarakat yang sesuai dengan pilihan kondisi lingkungan sekitar mereka.

Adapun yang menjadi tujuan utama program TPS3R ini adalah
-masyarakat dapat mengenal fungsi TPS3R
-masyarakat dapat mengenal sampah berdasarkan jenis dan dapat melakukan pengomposan sendiri
-operator dapat melakukan pemilihan sampahdan pengomposan tingkat kawasan
-menyediakan pupuk organik yang murah yang berkualitas untuk petani serta dapat mendongkrak perekonomian daerah.

Menurut kepala desa karangan “Roslan” selaku pembina dalam program ini menyampaikan terimakasih baik terhadap pemerintah daerah maupun terhadap pemerintah pusat yang telah memilih desa karangan menjadi tempat pembangunan sarana TPS3R ini”imbuhnya
Dan juga saya meminta terhadap seluruh elemen masyarakat desa karangan agar dapat memberikan kontribusi kerjasama yang baik dan mendukung program ini sehingga desa karangan sukses untuk menjalankan amanah ini” harapnya.

Hal senadapun di sampaikan oleh ketua Kelompok swadaya masyarakat(KSM)” R.Bolo
Menambahkan bahwa untuk pembangunan program ini ada 2 tim, tim pembangunan dan tim KPP dan yang akan dibangun nantinya ada 3 item diantaranya bangunan kantor,hanggar,serta peralatan pendukung” jelasnya. (Gones)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *