Berita  

100 Babinsa Kodim 1201 Ikuti Workshop Tracer Covid–19 Secara Virtual

MEMPAWAH, infokalbar.com – Sebanyak 100 personil Babinsa Kodim 1201/Mph mengikuti Workshop Tracer Covid-19 secara virtual di Aula Makodim 1201/Mph, Jalan Raden Kusno, Kabupaten Mempawah, Senin (14/06/2021). 100 personil ini berasal dari dua kabupaten, Mempawah dan Landak.

Komandan Kodim yang di wakili Pasi Ops Kodim 1201/Mph Kapten Inf Hendro Purnomo mengatakan, kegiatan pelatihan ini sangat berguna untuk digunakan oleh para Babinsa yang ada di wilayah Mempawah dan Landak. 

“Peran TNI khususnya Babinsa dalam hal ini, agar dapat melaporkan dan mengambil langkah-langkah cepat apabila menemukan kasus Covid-19 yang ada di wilayahnya,” ujarnya.

Hendro menjelaskan, Babinsa dalam tugasnya sebagai tracer Covid-19 adalah melakukan pelacakan terhadap masyarakat yang terpapar Covid-19 hingga ke tingkat RT, selain itu juga melanjutkan pelacakan terhadap orang-orang yang memiliki riwayat kontak  erat dengan kasus positif Covid-19.

“Di samping bertugas sebagai penegak disiplin protokol kesehatan, para Babinsa juga sebagai garda terdepan dan mendapat tugas bekerjasama dengan tim medis untuk melaksanakan tracing Covid-19 di tengah masyarakat”, tambahnya.

Sementara itu, moderator Workshop Tracer, Tanty L Paie menerangkan, kegiatan ini adalah kerja sama dari Kementerian Kesehatan (Kemkes) RI bersama TNI untuk membantu tenaga kesehatan.

“Pelatihan ini bertujuan agar Babinsa dapat membantu tenaga kesehatan yang bertugas melacak warga yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi Covid-19. Sehingga penyebaran Covid-19 dapat diatasi dengan cepat,” ungkap Tanty. (FikA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *