mgid.com, 605850, DIRECT, d4c29acad76ce94f
banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90

Moeldoko Kecam Keras Aksi Pembakaran Rumah Ortu Wartawan Sumut

  • Share
Keterangan foto: Rumah mantan wartawan di Kota Binjai Sumatera Utara diduga dibakar oleh orang tak dikenal (OTK), pada Minggu (13/06/2021) dini hari. (Ilustrasi/Istimewa).

SUMUT, infokalbar.com – Kepala Kantor Staf Presiden (KSP), Jenderal (Purn) Moeldoko, mengecam keras aksi pembakaran rumah mantan wartawan M Subarsyah, yang diduga dilakukan oleh orang tak dikenal (OTK), di Kota Binjai Sumatera Utara, pada Minggu (13/06/2021) dini hari.

“Mengecam keras segala tindakan kekerasan yang melawan hukum, apalagi pembakaran terhadap rumah wartawan,” tegas Moeldoko saat dikonfirmasi, Minggu (13/06/2021) sore.

M Subarsyah atau dikenal dengan nama Ucok Gondrong, merupakan seorang mantan wartawan di salah satu media cetak ternama di Sumatera Utara. Kini kedua anaknya, juga berprofesi sebagai wartawan di Sumatera Utara.

Sebelumnya, kepada sejumlah media, M Sabarsyah menduga kuat jika rumahnya tersebut sengaja dibakar OTK terkait pemberitaan yang dibuat oleh salh seorang anaknya, Sofian. Belakangan, Sofian, yang bekerja di media massa harian Sumut, memang gencar memberitakan kasus terkait maraknya perjudian di daerah tersebut.

“Saya berkeyakinan pembakar rumah saya adalah orang-orang suruhan dari preman yang diberitakan oleh anak saya,” beber Sabarsyah.

Ia menyatakan, bahwa teror yang dialaminya tersebut merupakan yang kedua kalinya ia terima. Tak hanya pada dirinya, teror juga sempat menyasar ke rumah anaknya, dengan bentuk serangan berupa penembakan oleh OTK.

“Ini yang kedua kalinya rumah saya terbakar. Sebelumnya juga rumah saya ini juga pernah dibakar OTK, tapi sampai saat ini belum terungkap pelakunya. Bahkan sekitar setahun yang lalu, rumah anak saya sempat diserang OTK dan ditembaki. Beberapa jendela rumah anak saya pecah,” ujarnya, seperti dikutip InewsSumut.id.

“Namun sampai saat ini pelakunya pun belum berhasil diamankan, padahal pada saat kejadian ditemukan beberapa mimis senjata softgun di lokasi,” sambunganya.

Sebagai masyarakat, pria berusia 65 tahun itu meminta kepada aparat penegak hukum, dalam hal ini Polres Binjai, untuk segera menangkap pelaku pembakar rumahnya.

“Hukum jangan tajam kebawah tumpul keatas,” ujarnya.

Sementara, Kapolsek Binjai Kota, Kompol Aris Fianto yang memimpin langsung olah TKP, meminta agar korban bisa bersabar, sembari polisi melakukan proses penyelidikan.

“Saat ini kita masih melakukan penyelidikan. Sabar ya, mohon doa dari rekan-rekan semua,” katanya.

Dikutip dari berbagai sumber media massa, rumah milik M Sabarsyah yang beralamat di Jalan Bantara Raya, Lingkungan XII Kelurahan Berngam, Kecamatan Binjai Kota, terbakar sekitar pukul 00.05 WIB.

Akibat kejadian itu, beberapa sisi rumah M Sabarsyah mengalami kerusakan, seperti; kaca jendela pecah dan gorden yang habis terbakar, kemudian sejumlah peralatan rumah tangga, karpet, dan juga sofa milik korban yang juga nyaris habis terbakar. Saat kejadian, cuaca dalam keadaan gerimis, sehingga api tidak sempat membakar seluruh rumah. 

Kuatnya dugaan bahwa rumahnya menjadi sasaran target OTK, lantaran dari pengakuan korban sendiri–yang pada saat kejadian mencium aroma BBM jenis premium yang pekat dan terasa sangat menyengat dari ruang tamu korban.

Menurut Sabarsyah, saat api membakar ia kala itu sedang melihat televisi di ruang tengah rumahnya. Tiba tiba ia dikejutkan dengan adanya api yang berkobar tepat di bagian pintu depan rumahnya.

Spontan, ia pun langsung menjauhkan dua unit sepeda motor yang hanya berjarak sekitar 1 meter dari api, dan kemudian menyelamatkan 4 orang cucu beserta ibunya yang saat itu sedang tidur didalam kamar depan, tepat bersebelahan dengan titik api yang berkobar. (FikA)

  • Share