banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250
Berita  

Satgas Yonif Mekanis 643 Bantu Pemuda Perbatasan Wujudkan Impian Menjadi TNI

KALBAR, infokalbar.com – Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns memberikan pelatihan dan pembinaan kepada para pemuda di perbatasan RI-Malaysia di Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalbar yang bercita-cita menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD).

Dansatgas Pamtas RI-MLY Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P., dalam rilis tertulisnya di Mako Satgas, Selasa (29/06/2021) menerangkan, pembinaan dan pelatihan ini merupakan wujud implementasi OMSP di daerah penugasan dan mendukung program TNI dalam menyiapkan putra-putri perbatasan dalam mengikuti seleksi menjadi prajurit TNI.

“Adalah Pos Panga, yang melaksanakan pembinaan dan pelatihan kepada para pemuda Dusun Panga, Desa Semanget, Kecamatan Entikong. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan bekal serta (untuk) kesiapan dalam mengikuti serangkaian tes nantinya,” ujar Dansatgas.

Di tempat terpisah, Komandan Pos (Danpos) Panga, Letda Inf Yopy Prasetyo menjelaskan, pembinaan yang diberikan kepada para pemuda tersebut meliputi kesegaran jasmani A dan B (lari 12 menit, pull up, sit up, push up, lunges, shuttle run), serta pelaksanaan pengecekan administrasi, kesehatan awal serta memberikan materi tes psikologi.

“Latihan ini rutin kami berikan tiga kali dalam seminggu, disertai motivasi yang selalu kami tanamkan agar membakar semangat berlatih dalam berjuang menggapai impiannya,” katanya.

Ia pun menegaskan, pelaksanaan pembinaan dan pelatihan ini bertujuan agar pemuda-pemuda perbatasan siap dalam menjalani rangkaian tes dengan harapan bisa lulus menjadi seorang prajurit TNI.

“Sebuah kebanggaan tersendiri untuk kami bisa berhasil membina pemuda-pemuda perbatasan menjadi prajurit TNI yang kelak menjadi generasi penerus kami,” ujar Danpos Panga.

Jekson, salah satu pemuda yang mengikuti pelatihan dan pembinaan, mengaku sangat senang bisa mendapat pelatihan dan pembinaan langsung oleh anggota Pos Panga. 

“Sehingga tambah semangat dan siap pada saat mengikuti tes masuk TNI,” katanya. (FikA)

Leave a Reply

Your email address will not be published.