Sebanyak 153 orang dari 25 Desa Dilantik Menjadi Anggota BPD

KUBU RAYA, infokalbar.com – Peresmian dan Pengambilan Sumpah Janji Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Anggota Badan Pemusyawaratan Desa Pengganti Antar Waktu (PAW) Kabupaten Kubu Raya Tahun 2021 dilaksanakan di Halaman kantor Bupati Kubu Raya pada Kamis, (1/7/21).

Pengambilan sumpah janji tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan dan dihadiri oleh Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo, Ketua DPRD Agus Sudarmansyah, calon anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), calon anggota Badan Permusyawaratan Desan Pengganti Antar Waktu (PAW), serta tamu undangan.

Sebanyak 153 orang dari 25 desa dilantik menjadi Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dengan masa jabatan hingga 6 tahun mendatang. Bupati Kubu Raya berharap dengan adanya tokoh perempuan dan anak muda menjadi udara segar bagi BPD untuk terus memberikan modal sosial sehingga dapat memajukan Kabupaten Kubu Raya.
“BPD adalah kelompok masyarakat yang punya peran strategis dalam pembangunan desa. BPD juga bertugas untuk mendampingi desa untuk melakukan rancangan hingga pelaksanaan agar tujuan dapat tercapai dengan tepat sasaran,” ujar Bupati Muda.

Untuk Kabupaten Kubu Raya sendiri dana yang digelontorkan untuk dana desa dan ADD sebanyak 224 Miliar. Dengan dana tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan setiap desa dengan sistem CMS (Cash Management System) sehingga mengurangi adanya kecurangan. Nantinya, Dinas Pemberdayaan Desa akan bersinergi dengan BPD untuk melakukan evaluasi berkala.
“BPD sebelumnya telah melakukan tugas secara maksimal. Namun, kita akan tingkatkan lagi melalui Pemdes ntuk memperkuat tugas BPD di desa dan masyarakat,” ujar Zakaria selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Desa Kabupaten Kubu Raya. (Yuni)

Leave a Reply

Your email address will not be published.