Berita  

Direktur PT Ratu Sepudak Jaya dan PT Mitralisindo Secara Ikhlas Berikan Qurban Idul Adha 1442 H

SINGKAWANG,infokalbar.com – Qurban menjadi salah satu sunnah yang dilakukan umat Islam di bulan Dzulhijjah, hukum dan dalil qurban tertulis dalam Qur’an surat Al-Hajj ayat 34 yang berbunyi;

وَلِكُلِّ اُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِّيَذْكُرُوا اسْمَ اللّٰهِ عَلٰى مَا رَزَقَهُمْ مِّن بَهِيْمَةِ الْاَ نْعَا مِ ۗ فَاِ لٰهُكُمْ اِلٰـهٌ وَّا حِدٌ فَلَهٗۤ اَسْلِمُوْا ۗ وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِيْنَ 

Wa likulli ummatin ja’alnaa mangsakal liyazkurusmallohi ‘alaa maa rozaqohum mim bahiimatil-an’aam, fa ilaahukum ilaahuw waahidung fa lahuuu aslimuu, wa basysyiril-mukhbitiin.

“Dan bagi setiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban) agar mereka menyebut nama Allah atas rezeki yang dikaruniakan Allah kepada mereka berupa hewan ternak. Maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan sampaikanlah (Muhammad) kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah),”

Qurban memiliki sebuah arti dalam bahasa Arab adalah hewan sembelihan, seperti unta, sapi,dan kambing yang disembelih pada hari raya. Menurut bahasa berarti mendekatkan diri, sedangkan menurut istilah adalah menyembelih hewan tertentu pada hari raya Idul Adha, sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT.

Dalam hadits riwayat Ibnu Majah, Rasulullah menjelaskan dasar hukum qurban adalah di setiap bulu hewan yang disembelih terdapat kebaikan, dari Zaid bin Arqam, seseorang bertanya ya Rasulullah, “Apakah arti qurban ini? Beliau menjawab ini sunnah Ibrahim AS, beliau ditanya lagi ‘ mengapa kita harus melakukannya? Beliau menjawab pada setiap bulunya terdapat kebaikan”.

Berbicara masalah qurban yang menjadi salah satu sunnah ini, Alhamdulilah di tengah tengah masa sulit pandemi Covid-19 ada beberapa PT di kota Singkawang dengan ikhlas memberi qurbannya kepada salah satu masjid di Kota Singkawang. 

Toni Haryadi SH selaku direktur PT Ratu Sepudak Jaya dan PT Mitralisindo serta direksi pengelola SPBU Sei Wie dan Roban Singkawang  saat di konfirmasi oleh wartawan Info Kalbar, Senin (19/07/2021) via telepon membenarkan terkait sapi qurban yang diberikan.

“Kita berikan di hari raya idul Adha 1442 H Tahun 2021 ini adalah salah satu bentuk ibadah kita kepada Tuhan yang maha kuasa. Dengan pemberian qurban yang penuh rasa keikhlasan” ujarnya.

Toni Haryadi juga mengatakan, sapi qurban ini diserahkan ke masjid Nurul Huda, yang terletak di Jalan Padat Karya RT 08 Singkawang Tengah.

“Sapi ini memiliki bobot seberat 250 Kg,” jelasnya.

Toni juga berharap momen qurban ini bisa menjadi sebuah berkah untuk kita semua, terlebih di tengah tengah pandemi Covid-19 ini.

“Semoga pula dengan qurban ini Allah SWT sang maha pencipta alam semesta ini dapat segera memberikan kesehatan untuk kita semuanya, masyarakat singkawang dan sekitarnya, semoga pula cobaan pandemi ini bisa segera berakhir sehingga kita bisa kembali hidup dengan sehat tanpa rasa takut seperti saat ini,” harapnya.

Disamping itu, Toni Haryadi juga menghimbau kepada masyarakat Singkawang dan sekitarnya tetap selalu menjaga kesehatan serta mematuhi protokol kesehatan. 

“Dengan kita sama sama mau menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan semoga mata rantai Covid bisa ini bisa segera berakhir. Selamat hari raya Idul Adha 1442 H, Minal Aidzin wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin,” tutup nya. (Indra)

Leave a Reply

Your email address will not be published.