11 Jet Tempur Rusia Siap Mendarat di Jakarta

  • Share
Keterangan foto: Jet tempur. (Ilustrasi/Istimewa)

JAKARTA, infokalbar.com – Kendati mendapat tekanan dari negara bagian tertentu, namun Rusia dikabarkan tetap akan mengirim 11 jet tempur ke Indonesia. Jet tempur itu berjenis Sukhoi Su-35.

“Rusia siap untuk memasok sejumlah jet tempur multiperan Sukhoi Su-35 ke Indonesia meskipun ada tekanan terhadap negara Asia-Pasifik ini,” kata Juru Bicara Federal Service for Military-Technical Cooperation Russia, Valeria Reshetnikova, dikutip Russia News Agency, Kamis (22/07/2021).

Melansir dari Detik.com, Reshetnikova mengungkap dalam proyek ini sebenarnya Indonesia mendapatkan tekanan dari negara lain di dunia. Dia mengatakan tekanan itu disarankan untuk menghentikan proyek pengiriman jet tempur ini.

“Sejak awal proyek penyediaan 11 pesawat tempur SU-35 ke Jakarta menarik perhatian dunia. Setelah menandatangani kesepakatan, pihak Indonesia mendapat tekanan dari perwakilan Indonesia di negara bagian tertentu. Semua mengatakan untuk meninggalkan proyek tersebut,” katanya.

Namun, pihaknya yakin untuk melanjutkan pengiriman jet tempur Sukhoi Su-35 ke Indonesia. Rusia memandang Indonesia sebagai salah satu mitra utama di kawasan Asia-Pasifik.

“Namun, kami dengan yakin menegaskan bahwa pihak Rusia bermaksud memenuhi kontrak ini,” ujarnya.

Sebagai informasi, penandatanganan kontrak pengiriman jet tempur Sukhoi Su-35 ke Jakarta kabarnya dilakukan pada awal 2018, namun implementasinya belum dimulai. (FikA)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *