Hari Ini, 16 Warga Sambas Terkonfirmasi Covid-19, Kadinkes Sebut Adanya Tren Kenaikan

  • Share
Keterangan foto: Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas, Dr Fatah Maryunani. (Istimemewa)

SAMBAS, infokalbar.com – Wabah virus Corona belum sedikit pun menunjukkan tanda-tanda akan berakhir. Sebaliknya, grafik justru menunjukkan adanya tren peningkatan di sejumlah daerah. 

Termasuk di Kabupaten Sambas, dimana hari ini, tanggal 24 Juli 2021, terdapat sebanyak 16 warganya yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas, Dr Fatah Maryunani. Melalui sambungan selulernya kepada wartawan Info Kalbar, Fatah menyebut, bahwa Kabupaten Sambas saat ini juga tengah mengalami tren peningkatan kasus.

“Hingga hari ini, 24 Juli 2021, mengalami peningkatan kasus terkonfirmasi positif Covid 19. Ya Hingga hari ada peningkatan kasus terkonfirmasi yaitu 16 Kasus terkonfirmasi positif Covid-19,” beber Fatah.

Lebih lanjut, Fatah menyampaikan bahwa status Kabupaten sambas saat ini sedang berada di zona orange.

“Untuk stok oksigen hari ini ada pasokan,” ujar Fatah.

Disinggung soal dana penanganan Covid-19, Fatah menyampaikan, bahwa sumber pendanaan yang disediakan melalui pos anggaran APBD induk tahun 2021, relatif kecil.

“Cuma Rp 2 miliar saja untuk tahun 2021 ini, dibandingkan tahun 2020 lalu Rp 6,5 miliar. Untuk operasional pelayanan Covid di RS Pratama aja enggak cukup karena hanya Rp 2 miliar saja. Sedangkan insentif, nakes, operasional, vaksinasi dan lain-lain belum teranggarkan. Masih menunggu refocusing” ucap Fatah.

Keterangan foto: Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas, Dr Fatah Maryunani. (Istimemewa)

Lebih lanjut, Fatah berharap penuh kepada masyarakat Kabupaten Sambas dan sekitarnya, agar jangan pernah bosan-bosannya untuk mematuhi protokol kesehatan, seperti menjaga jarak, memakai masker, menghindari kerumunan, dan lain sebagainya.

“Masyarakat bisa terus mematuhi protokol kesehatan, dengan begitu maka kinerja pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten-kota akan lebih bisa maksimal dalam dalam pemutusan mata rantai Covid-19,” ujarnya.

Fatah meyakini, jika semua pihak kompak dan bersatu mau bersama-sama melawan Covid-19, maka pandemi yang telah meluluhlantakkan sendi-sendi kehidupan, terutama ekonomi ini, dapat segera diakhiri.

“Bisa, kalau kita bersatu melawan Covid, Insya Allah, setidaknya tingkat penyebaran virus Corona bisa sedikit menurun sehingga yang terkonfirmasi positif pun jelas akan berkurang asalkan kita terus sama-sama menjaga kesehatan, mematuhi protokol kesehatan, sebagaimana aturan yang sudah dibuat oleh pemerintah dalam penerapan PPKM darurat maupun PPKM Mikro,” paparnya.

“Dengan demikian, semoga pula, kita semuanya, khususnya Kalbar bisa terbebaskan dari wabah virus Corona ini,” tutupnya. (Indra)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *