Sembilan Titik Api Terpantau di Lahan Gambut, Dandim 1201 Instruksikan Koramil Segera Lakukan Pemadaman

  • Share

MEMPAWAH, infokalbar.com – Menyusul adanya laporan dari BMKG terkait kemunculan sembilan titik api di lahan gambut Kabupaten Mempawah dan Kabupaten Landak, Komandan kodim 1201/Mempawah, Letkol Inf Dwi Agung Prihanto langsung menginstruksikan Koramil setempat untuk segera memadamkan api, agar tidak meluas.

“Dengan adanya kemunculan titik api, saya perintahkan jajaran, Koramil yang terdekat agar memadamkan api supaya tidak meluas,” ujar Dandim, Sabtu (24/07/2021) di Makodim 1201/Mph.

“Ini sebagai upaya kami untuk menanggulangi kebakaran lahan dan hutan, serta koordinasi dengan aparat terkait dan juga masyarakat setempat, bekerjasama dalam kegiatan memadamkan api tersebut,” sambungnya. 

Sebelumnya, Dandim menjelaskan, berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), sembilan titik api tersebut terletak diantaranya: Koramil 01/Jungkat, Koramil 04/Sungai Kunyit, Koramil 08/Mandor, Koramil 10/Menyuke dan Koramil 12/Air Besar.

“Ada tujuh titik api kategori sedang dan dua titik api kategori tinggi,” jelasnya.

Terpisah Danramil 12/Air Besar, Peltu Lontas Bangun mengatakan, terdapat empat titik api di lahan gambut di wilayah Koramil 12/Air Besar. Untuk menindaklanjuti instruksi Dandim 1201, pihaknya pun langsung menerjunkan personel, dengan dibantu personil Polres dan masyarakat setempat di setiap sektor.

“Setelah mendapat perintah dari Komandan Kodim, kami langsung berkoordinasi dengan Polres dan masyarakat untuk bergerak menuju lokasi titik api,” tuturnya.

Selanjutnya, ia juga memberikan pemahaman dan imbauan terhadap masyarakat agar tidak membakar hutan pada saat membuka lahan pertanian di musim kemarau. 

“Dengan secara rutin melakukan patroli dan imbauan melalui Babinsa serta memasang banner bertuliskan bahaya dan dampak serta sanksi pidana. Diharapkan masyarakat tidak membakar hutan dan lahan,” ucap dia. (Pendim Bu/FikA)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *