Berita  

Ada Ancaman Besar Dunia Lainnya Selain Wabah Covid-19!

Ancaman global climate change (perubahan iklim).
Keterangan foto: Ancaman global 'climate change' (perubahan iklim). (Ilustrasi/Istimewa)

JAKARTA, infokalbar.com – Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, ada ancaman besar dunia lainnya selain pandemi Covid-19–yang bahkan dampaknya bisa menyamai dengan dampak yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19 saat ini.

Dikutip dari Detik.com, Sri Mulyani menyebut, ancaman tersebut ialah “climate change” atau perubahan iklim.

“Climate change adalah global disaster yang magnitude nya diperkirakan sama seperti pandemi Covid-19,” kata Sri Mulyani dalam keynote speech ESG Capital Market Summit, Selasa (27/07/2021).

Lebih lanjut, Sri Mulyani mengungkapkan, climate change ini sudah diteliti oleh banyak ilmuwan di seluruh dunia. Dimana “mereka semua” sepakat bahwa perubahan iklim ini adalah hal yang tak bisa dihindari oleh semua negara.

“Sama dengan pandemi, tak ada satu negara yang bisa terbebas dari ancaman climate change. Bahkan sama seperti pandemi, negara yang tidak siap di sisi kesehatan dan kemampuan fiskal dan sisi disiplin apalagi kemampuan untuk mendapatkan vaksin mereka mungkin akan terkena paling berat dampaknya dari pandemi,” paparnya.

Untuk itu, ia menyatakan, seluruh negara di dunia harus mempersiapkan kebijakan untuk memitigasi dampak climate change ini. Hal ini demi menghindari dampak katastropik (malapetaka besar yang datang secara tiba-tiba, red) dari perubahan iklim. (FikA)

Leave a Reply

Your email address will not be published.