banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250

Loh! Mobil Malaysia Tanpa Plat Bebas Berseliweran di Putussibau, Kemana Polisi?

Keterangan foto: Mobil asal Malaysia tanpa plat nomor kendaraan terlihat sedang mengisi BBM di SPBU Kedamin, Selasa (03/08/2021).
Keterangan foto: Mobil asal Malaysia tanpa plat nomor kendaraan terlihat sedang mengisi BBM di SPBU Kedamin, Selasa (03/08/2021).

PUTUSSIBAU, infokalbar.com – Bebasnya mobil asal Malaysia berseliweran tanpa menggunakan plat nomor kendaraan di jalan-jalan Kota Putussibau, Kecamatan Kapuas Hulu Provinsi Kalbar, membuat sejumlah masyarakat tempatan merasa geram.

Hal itu seperti yang terlihat, pada Selasa (03/08/2021) kemarin. Mirisnya, tidak ada satupun aparat penegak hukum yang mengambil tindakan tegas terhadap pengendara mobil tersebut.

“Betapa hebatnya mobil dari Malaysia masuk ke wilayah kita Indonesia, bebas tanpa di razia oleh pihak Polres Putussibau. Mobil itu tanpa menggunakan plat nomor. Baik depan maupun di belakangnya, sama sekali tidak ada platnya,” ujar Koordinator Forum Wartawan & LSM Kalbar Indonesia Kapuas Hulu, Sultana Faisal kepada Info Kalbar.

“Apakah mobil kita dari Indonesia, kalau masuk ke Malaysia juga sebebas mobil ini? Dengan tanpa menggunakan plat nomor. Apakah aparat kita kecolongan?,” sambungnya dengan nada sedikit meninggi.

Pada poin ini, Sultana menyatakan pihaknya sebenarnya lebih menyoroti rasa keadilan yang diberikan aparat penegak hukum, dalam memperlakukan “orang sendiri” dan “orang luar”.

Ia pun mengaku heran kenapa penegakan hukum terasa “kencang” dilakukan aparat kepada warga Putussibau, namun sebaliknya, terkesan “mengendur” terhadap “tetamu” asal negara tetangga.

“Karena kita warga Indonesia yang berada di Malaysia tidak sebebas saat mereka di Indonesia. Jadi tolong kepada aparat Polres Kapuas Hulu jangan dibiarkan mobil dari Malaysia memasuki wilayah kita Indonesia dengan bebasnya, apalagi tanpa menggunakan plat nomor,” tegasnya.

“Sedangkan kita warga negara Indonesia saja pakai Mobil tanpa menggunakan plat nomor kendaraan kena tangkap dan langsung ditilang. Tapi kenapa mobil dari Malaysia tanpa plat nomor itu bebas sekali berjalan di Kota Kabupaten Kapuas Hulu,” tambahnya.

Atas nama rasa keadilan masyarakat, kedepan Sultana pun meminta, agar pihak Polres Putussibau dan jajaran dapat memperketat jalur keluar masuknya kendaraan-kendaraan asal Malaysia ke Indonesia–melalui wilayah perbatasan dua negara di Kabupaten Kapuas Hulu.

“Sekali lagi kami mengimbau kepada Polres Kapuas Hulu, tolong diperketat di perbatasan Malaysia dan Indonesia,” tandasnya. (Tasya)

Leave a Reply

Your email address will not be published.