Berita  

Ormas Barisan Pemuda Melayu Kalbar Hadir Sebagai Penyeimbang Pemerintahan

Keterangan foto: Surat Keterangan Terdaftar dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dengan nomor: 1600.00-00/0146/VI/2021. (Istimewa)
Keterangan foto: Surat Keterangan Terdaftar dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dengan nomor: 1600.00-00/0146/VI/2021. (Istimewa)

PONTIANAK, infokalbar.com – Organisasi kemasyarakat (Ormas) Barisan Pemuda Melayu (BPM) Kalbar kembali meneguhkan eksistensinya di tengah masyarakat. Kehadiran organisasi yang memiliki concern dalam bidang kegiatan kepemudaan ini, turut dimaksudkan sebagai penyeimbang pemerintahan di Kalbar.

BPM Kalbar yang berkantor pusat di Jalan RE Martadinata Nomor A 19, Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat ini lahir pada tanggal 5 Maret 2021, dan telah terbentuk di 14 kabupaten dan kota se-Kalbar.

Secara legalitas, BPM Kalbar telah mengantongi Surat Keterangan Terdaftar dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dengan nomor: 1600.00-00/0146/VI/2021.

“Dalam isi surat telah terdaftar sebagai organisasi kemasyarakatan, dan Surat Keterangan Terdaftar ini berlaku sejak tanggal ditandatangani sampai dengan tanggal 3 juni 2026,” ungkap Ketua Umum BPM Kalbar, Gusti Edy, melalui siaran pers yang diterima awak media, Kamis (05/08/2021).

“Dan ini amanah bagi BPM Kalbar untuk menjalankan organisasi yang baru terbentuk, ini juga akan menjadi penyeimbang di pemerintahan kalbar,” ujarnya.

Gusti Edy menyampaikan, banyaknya jumlah organisasi kemasyarakatan di Indonesia saat ini, menunjukkan adanya keberagaman dan toleransi di tengah masyarakat. Dimana kebebasan berserikat dan berkumpul adalah hak setiap warga negara sesuai UUD 1945, termasuk membentuk ormas.

“Negara menjamin kepada rakyatnya untuk menyampaikan aspirasi secara lisan dan tulisan. Selain itu, ormas merupakan potensi masyarakat yang harus dikelola,” kata dia.

Ia pun mengaku senang, bahwa kelahiran organisasi yang memiliki NPWP :  42.531.469.7-701.000 ini mendapat dukungan banyak pihak. Ia turut berterima kasih kepada Kesbang Pol Kalimantan Barat dan Direktur Jenderal Politik Pemerintahan Umum, Direktur Organisasi Kemasyarakatan, Kementerian Dalam Negeri.

“Betapa senangnya kami semua pengurus Barisan Pemuda Melayu Kalimantan Barat yang sudah terbentuk di 14 kabupaten dan kota ini. Ini hasil kerja keras semua pengurus BPM Kalbar yang sangat Solid dan satu Komando,” ujarnya. (FikA)

Leave a Reply

Your email address will not be published.