Berita  

Tuju Zona Hijau dan Kota Bebas Covid-19, Kasat Reskrim Singkawang Imbau Masyarakat Tetap Semangat Jaga Prokes

Keterangan foto: Markas Kepolisian Resor (Mapolres) Singkawang. (Istimewa)
Keterangan foto: Markas Kepolisian Resor (Mapolres) Singkawang. (Istimewa)

SINGKAWANG, infokalbar.com – Dalam rangka menuju zona hijau dan keluar menjadi kota yang bebas dari wabah Covid-19, Kapolres Singkawang, AKBP Prasetiyo Adhi Wibowo melalui Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Singkawang, AKP David Dino mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap semangat mematuhi anjuran pemerintah menjaga protokol kesehatan (prokes) 5M.

Hal itu disampaikan AKP David Dino saat menerima silaturahmi dari awak media Infokalbar.com, di ruang kerjanya, Kamis (05/08/2021).

“Alhamdulillah Kota Singkawang dan sekitarnya saat ini, per-tanggal 5 Agustus 2021, masih bertahan dalam kondisi zona orange semoga perlahan-lahan Kota Singkawang bisa beralih ke zona hijau,” ucapnya saat berbincang mengenai kondisi terkini seputar isu Covid-19.

Untuk alasan itu, Pemerintah Kota Singkawang pun saat ini masih tetap menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro. Dengan harapan tensi penyebaran Covid-19 bisa berangsur turun.

“Dengan Kota Singkawang bisa beralih ke zona hijau, jelas keadaan akan lebih baik dari kondisi zona orange, karena pengaruh akan dampak ekonomi masyarakat pedagang maupun pengusaha akan sangat berpengaruh,” ujarnya.

Menurut AKP Dino, masyarakat saat ini memegang perananan penting dalam penyelesaian masalah Covid-19. Bagaimana masyarakat bisa dan mau bersama-sama pemerintah bekerjasama dalam memutus rantai penyebarannya.

“Kalau Kota Singkawang dan sekitarnya berada di zona merah, maka segala aktivitas akan sedikit dibatasi lagi, baik itu aktivitas masyarakat sehari-hari maupun aktivitas ekonominya, seperti rumah makan dan warung warung kopi. Berbeda halnya dengan posisi zona orange yang agak sedikit memberikan kelonggaran,” ujarnya.

“Intinya penerapan PPKM saat zona orange seperti saat ini, tidaklah seketat saat kita berada di zona merah. Dan kita masih patut bersyukur, Alhamdulilah,” tambahnya.

Untuk itu, sekali lagi AKP Dino menekankan, kendati Kota Singkawang kini berada di posisi zona orange, bukan berarti kita semua boleh lengah. Namun semua pihak harus bersabar dan tetap terus berjuang, agar Kota Singkawang naik level menjadi zona hijau. Dengan cara teratur menerapkan prokes 5M.

“5M diantaranya yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Karena untuk beralih ke zona hijau, ya itu dia, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, jelas butuh dukungan dan kesadaran, serta doa kita semuanya,” kata dia.

AKP Dino sangat berharap betul masyarakat dapat mematuhi prokes. Karena bukan tidak mungkin, kata dia, perilaku masyarakat yang tidak peduli terhadap prokes, dapat membawa kembali Kota Singkawang ke kondisi yang jauh lebih buruk dari sebelumnya.

“Tetap selalu hindari dari segala bentuk  kerumunan, jangan duduk di warung kopi terlalu lama, kongkow-kongkow yang tidak jelas, serta tetap memakai masker. Dengan kesadaran masyarakat yang tinggi akan bahaya covid 19 ini, maka kinerja pemerintah khususnya pemerintah daerah Kota SINGKAWANG akan lebih maksimal, sehingga posisi zona orange di Kota Singkawang saat ini, pelan-pelan, semoga bisa beralih ke zona hijau,” tutupnya. (Indra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *