banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250
Berita  

Dengan Kearifan Lokal, Prajurit TNI AL Korps Marinir Disiplinkan Warga Menggunakan Masker

Prajurit Yonmarhanlan XII Pontianak saat melaksanakan kegiatan 'Penegakkan Disiplin Protokol Kesehatan' di Pasar Sebukit Rama, Desa Tengah, Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalbar, pada Jumat (06/08/2021). (Istimewa)
Keterangan foto: Prajurit Yonmarhanlan XII Pontianak saat melaksanakan kegiatan 'Penegakkan Disiplin Protokol Kesehatan' di Pasar Sebukit Rama, Desa Tengah, Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalbar, pada Jumat (06/08/2021). (Istimewa)

MEMPAWAH, infokalbar.com – Kendati memiliki kuasa untuk mengambil tindakan tegas kepada masyarakat yang melanggar, atau tidak patuh terhadap aturan, namun hal itu tidak dilakukan oleh prajurit baret ungu, Yonmarhanlan XII Pontianak.

Mereka dengan sabar tetap menjunjung tinggi nilai-nilai luhur kesopanan dan kearifan lokal, saat melaksanakan kegiatan ‘Penegakkan Disiplin Protokol Kesehatan’ di Pasar Sebukit Rama, Desa Tengah, Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalbar, pada Jumat (06/08/2021).

Dengan persuasif, ramah dan senyum, para prajurit ini menghampiri setiap warga yang tidak menggunakan masker, untuk dimintanya tetap memakai masker secara benar.

Kepada awak media, Sertu Marinir Fendi Bagus Putra mengatakan, bahwa patroli rutin protokol kesehatan tetap gencar dilakukan pihaknya–dengan berkoordinasi bersama instansi lainnya, apalagi di tengah berlangsungnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) saat ini.

Keterangan foto: Selain memberikan teguran secara persuasif, petugas juga memberikan sosialisasi dan edukasi tentang cara melawan virus Corona secara bersama-sama. (Istimewa)

Ia menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut ditujukan untuk terus mengingatkan masyarakat akan pentingnya menjaga protokol kesehatan. Terlebih bagi warga yang beraktivitas di pasar, yang notabene rentan terhadap terjadinya kerumunan–agar selalu peduli dalam mencegah penyebaran Covid-19. 

“Ya salah satunya menggunakan masker, setiap saat beraktivitas di luar rumah, karena sangat penting untuk kesehatan diri sendiri khususnya juga orang lain,” ujarnya.

Fendi Bagus menyebut, pandemi Covid-19 sejauh ini masih menjadi ancaman nyata. Untuk itu, segala upaya dan strategi dalam rangka menumbuhkan kesadaran masyarakat pun akan terus dilakukan.

“Karena virus ini sangatlah berbahaya bagi kesehatan, untuk itu mari hindari virus tersebut dengan cara ikuti aturan pemerintah yakni selalu menjaga kesehatan, dan terapkan 5 M, yakni memakai masker, menjaga jarak, sering mencuci tangan ketika hendak berpergian, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas di luar,” serunya.

Ketersngan foto: Patroli rutin ‘Penegakkan Disiplin Protokol Kesehatan’ di Pasar Sebukit Rama, prajurit Jaguar Yudha Khatulistiwa bersinergi dengan anggota Polres Mempawah dan Kodim 1201/Mpw. (Istimewa)

Terpisah, Danyonmarhanlan XII Mayor Marinir, Anton Koerniawan Tr Opsla sebelumnya telah menekankan kepada seluruh jajarannya yang melaksanakan patroli disiplin protokol kesehatan, agar santun dan mengedepankan kearifan lokal. Hal itu agar tidak terjadi ketersinggungan, sehingga warga akan segan dan patuh terhadap apa yang menjadi imbauan petugas, termasuk imbauan penggunaan cara pemakaian masker dengan baik dan benar.

“Kita juga selalu mengajak warga untuk senantiasa menjaga kebersihan diri maupun lingkungan, demi memutus rantai penyebaran Covid-19 ini. Karena apabila masyarakat mentaati aturan pemerintah mengenai prokes (protokol kesehatan, red), pasti virus Corona cepat berakhir,” pungkas Danyonmarhanlan XII.

Sebelumnya, dalam patroli rutin ‘Penegakkan Disiplin Protokol Kesehatan’ di Pasar Sebukit Rama, prajurit Jaguar Yudha Khatulistiwa bersinergi dengan anggota Polres Mempawah dan Kodim 1201/Mpw. Selain memberikan teguran secara persuasif, petugas juga memberikan sosialisasi dan edukasi tentang cara melawan virus Corona secara bersama-sama. (FikA)

Leave a Reply

Your email address will not be published.