Berita  

Kadinkes Kota Singkawang Sebut Singkawang Timur Masuk Zona Hijau

Kelurahan Nyarungkop Kecamatan Singkawang Timur, Kota Singkawang, Provinsi Kalbar dinyatakan sebagai zona hijau, per-tanggal 6 Agustus 2021. (Istimewa)
Keterangan foto: Kelurahan Nyarungkop Kecamatan Singkawang Timur, Kota Singkawang, Provinsi Kalbar dinyatakan sebagai zona hijau, per-tanggal 6 Agustus 2021. (Istimewa)

SINGKAWANG, infokalbar.com – Setelah melalui proses perjalanan dan perjuangan yang cukup panjang serta melelahkan melawan pandemi Covid-19, akhirnya, Kelurahan Nyarungkop Kecamatan Singkawang Timur, Kota Singkawang, Provinsi Kalbar dinyatakan sebagai zona hijau, per-tanggal 6 Agustus 2021.

Kabar gembira tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Singkawang, Rindar Prihartono, saat dikonfirmasi Infokalbar.com via selulernya, Minggu (08/08/2021).

“Terkait tren Kota Singkawang yang bakal beralih ke zona hijau itu memang benar. Pelan-pelan sudah mulai nampak di beberapa kelurahan, seperti di Kelurahan Nyarungkop Kecamatan Singkawang Timur itu sekarang sudah zona hijau. Akan tetapi kondisi ini belum secara keseluruhan, tapi pelan-pelan arahnya akan kesana (zona hijau),” ujar Rindar. 

Keterangan foto: Kondisi zonasi kelurahan di Kecamatan Singkawang Timur. (Istimewa)

Secara umum, Pemerintah Kota Singkawang saat ini terus berjuang agar seluruh wilayahnya masuk ke dalam zona hijau. Tidak sedikit upaya yang telah dilakukan–dengan keterlibatan banyak pihak, kota yang terkenal dengan wisata alam “Pasir Panjang”-nya itu kini mulai berangsur-angsur membaik.

“Pelan-pelan Pemerintah kota Singkawang optimis bisa membawa Kota Singkawang ke zona hijau, hal itu tidak terlepas dari kerja keras semua pihak, terutama para petugas dari Tim Satgas Covid-19, serta adanya dukungan luas dari kalangan masyarakat Kota Singkawang dan sekitarnya,” ucapnya.

Kendati demikian, Rindar menyampaikan, bahwa “perang” belumlah usai. Ia pun meminta agar semua pihak jangan sampai lengah dan berleha-leha. Namun tetap harus memperketat pelaksanaan disiplin protokol kesehatan (prokes).

Keterangan foto: Kondisi zonasi kelurahan di Kecamatan Singkawang Timur. (Istimewa)

“Ini penting. Masyarakat harus sangat menyadari tentang pentingnya prokes, dan kepada satgas kecamatan, kelurahan, diharapkan agar terus menghimbau dan mengedukasi masyarakat untuk tidak berkumpul, dan mengurangi aktivitas yang menyebabkan berkerumunnya masyarakat,” katanya.

Dalam kesempatan ini, Rindar pun kembali menekankan akan pentingnya terus dan selalu menjaga prokes 5 M–sesuai dengan anjuran pemerintah, dalam rangka mempercepat memutus mata rantai penyebaran Covid-19. 5M tersebut, diantaranya:

  1. Memakai masker
  2. Mencuci tangan
  3. Menjauhi kerumunan
  4. Menjaga jarak
  5. Membatasi mobilitas 

“Kalau ini semakin kita terapkan, Insya Allah, Singkawang akan menjadi zona hijau secara keseluruhan,” ujarnya dengan penuh keyakinan.

Keterangan foto: Kantor Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Singkawang. (Istimewa)

Dan dalam kesempatan ini pula, Rindar, atas nama Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Singkawang, turut mengucapkan terima kasih kepada para petugas Satgas Covid-19 Kota Singkawang dan kelurahan, yang tak pernah bosan-bosannya melakukan pendekatan (persuasif) kepada masyarakat, dalam memberikan sosialisasi serta edukasi terkait bahaya Covid-19.

“Kepada mereka yang tetap gigih dalam memberikan pengertian akan bahaya Covid-19 kepada masyarakat, sehingga perlahan-lahan Kota Singkawang mulai masuk ke zona hijau,” tutupnya. (Indra)

Leave a Reply

Your email address will not be published.