Berita  

Peringatan HUT Ke-76 RI, Dandim 1201: Perjuangan Kita Belum Berakhir

MEMPAWAH, infokalbar.com – Komandan Kodim 1201 Mempawah, Letkol Inf Dwi Agung Prihanto mengungkapkan, bahwa 76 tahun Kemerdekaan Indonesia merupakan simbol perjuangan yang dibangun dengan tetesan keringat, darah dan air mata. 

Hal itu disampaikan Dandim usai mengikuti prosesi upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan RI ke-76 yang dilaksanakan di halaman kantor Pemerintahan Kabupaten Mempawah, Selasa (17/08/2021).

“Sebagai generasi penerus, kita dituntut untuk bekerja keras dan belajar dengan giat demi meningkatkan kualitas dirinya. Generasi penerus bangsa diperlukan untuk memajukan bangsa itu sendiri,” ujarnya.

Lebih lanjut, Letkol Inf Dwi Agung menjelaskan, kemerdekaan bukan tanda untuk berhenti berjuang, tetapi tanda untuk berjuang lebih keras. Masa perjuangan melawan penjajah, tuturnya, sudah terlewatkan, kini masa pembangunan sedang kita alami.

“Kemerdekaan Indonesia tidak terlepas dari jasa para pahlawan yang telah gugur di medan pertempuran. Mereka bertempur dengan segenap jiwa raga mereka yang mempertahankan semangat juang demi merebut kemerdekaan,” jelasnya.

“Perjuangan bangsa Indonesia bukan hanya dari masa lalu. Hari ini, hari esok, dan selamanya. Perjuangan kita belum berakhir,” tambah Letkol Inf Dwi Agung.

Dalam konteks hari ini, ditengah pandemi Covid-19, Dandim juga mengingatkan, agar semua komponen jangan berhenti untuk berjuang. Ibarat sebuah “perang”, semua pihak harus bersatu agar bisa menang.

“Indonesia bersatu lawan Covid-19. Dengan dukungan dari semua lapisan masyarakat, dimana masing-masing dapat berkontribusi, ayo kita berjuang bersama melawan Covid-19,” seru Dandim.

Sebelumnya, upacara Proklamasi Kemerdekaan RI ke-76 di halaman kantor Pemerintah Kabupaten Mempawah ini dipimpin oleh Bupati Mempawah yang juga bertindak selaku inspektur upacara. Kegiatan ini turut dihadiri oleh segenap unsur Forkopimda Kabupaten Mempawah. (FikA)