Berita  

Semangat Dirgahayu RI ke-76 di Kota Singkawang, Tetap Tangguh dan Tetap Tumbuh

SINGKAWANG, infokalbar.com – Kendati dihantam bertubi-tubi oleh berbagai persoalan–terutama pada bidang ekonomi–akibat pandemi Covid-19, namun semangat dirgahayu Republik Indonesia yang ke-76 tahun 2021 tetap bergelora di Kota Singkawang.

Walikota Singkawang, Tjhai Chui Mie SE MH menyatakan, bahwa negara Indonesia hingga saat ini tengah dihadapkan pada situasi yang berat, dimana pandemi Covid-19 ini telah mengganggu semua tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Namun begitu, Tjhai Chui Mie mengingatkan bahwa kita tidak boleh kalah. Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Singkawang terus bergerak, kedepankan semangat persatuan dan kesatuan.

“Jangan sampai kita terpecah-belah oleh isu yang ingin menghancur bangsa kita,” seru Tjhai Chui Mie, saat dimintai statemennya terkait peringatan HUT RI ke-76, yang disampaikan melalui Kabag Forkopimda Pemerintah Kota Singkawang, Mokhlis, S.STP, M.Si, Selasa (17/08/2021).

Lebih lanjut, melalui momentum HUT RI ke-76 tanggal 17 Agustus 2021, Tjhai Chui Mie berharap, semoga masyarakat Kota Singkawang semakin kuat dan Indonesia  makin jaya.

“Kita optimis, bahwa kita mampu melawan pandemi Covid-19, dengan kebersamaan dan kekompakan bangsa Indonesia, ‘Dirgahayu Negeriku’, ‘Indonesia Tangguh’, Indonesia Tumbuh’, dari saya Tjhai chui Mie selaku Walikota Singkawang,” pungkasnya. 

Terpisah, Kapolres Singkawang AKBP Prasetiyo, Adhi Wibowo melalui Kasat Reskrim Polres Singkawang, AKP David Dino mengatakan, dalam rangka momen HUT RI 17 Agustus 1945 yang ke 76 tahun ini hendaknya dapat dimaknai dengan semangat kerja keras dari para pendiri bangsa.

“Mari kita bersama-sama bekerja keras membangun negeri ini dengan tetap menjaga kesehatan dari bahaya pandemi Covid-19, memperhatikan 5 M dan melakukan 3T. Padukan bakti, satukan hati untuk Ibu Pertiwi, dirgahayu Indonesia yang ke-76 merdeka,” ucap kasat Reskrim Polres Singkawang via selulernya kepada wartawan Infokalbar.com.

Ketua DPRD kota Singkawang, Sujianto.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua DPRD kota Singkawang, Sujianto. Kendati Kota Singkawang masih dalam keadaan pandemi Covid-19, sehingga perayaan HUT kemerdekaan RI yang ke 76 tahun ini dilakukan dengan cara yang sangat sederhana.

“Mengingat kondisi yang belum stabil,” ujarnya.

Sujianto juga mengajak kepada segenap komponen masyarakat, di hari kemerdekaan RI yang ke 76 tahun ini, mari secara bersama-sama semangati agar persatuan terus dikobarkan.

“Semoga menjadi momentum kebangkitan kita semuanya dan harapan agar pandemi segera berakhir, agar masyarakat bisa melakukan aktifitas kembali dengan maksimal seperti tahun tahun sebelumnya,” tutupnya penuh harap.

Sebelumnya, dalam rangka menyambut peringatan HUT RI 17 Agustus 1945 yang ke 76 tahun 2021 ini, Pemerintah Kota Singkawang bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pemerintah Kota Singkawang turut melakukan beberapa persiapan, diantaranya melakukan rekrutmen 25 anggota Pasukan Pengibar  Bendera (Paskibra) merah putih.

“Pesiapan ini telah dilakukan sejak beberapa minggu sebelumnya. Hingga upacara pengibaran sang saka merah putih dilaksanakan pada Selasa, 17 Agustus 2021 pagi pukul 07.00 Wib di halaman kantor Walikota Singkawang yang beralamat kan di Jalan Firdaus, Kelurahan Pasiran Kecamatan Singkawang Barat,” kata Mokhlis, S.STP, M.Si.

“Selanjutnya untuk giat virtual detik-detik proklamasi dilaksanakan di Balairung Kantor Walikota Singkawang dengan undangan terbatas Hanya Forkompinda dan kepala OPD saja,” ujarnya. (Indra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *