Berita  

Taliban Geram, AS Evakuasi Para Tenaga Terampil Keluar dari Afghanistan

Pejuang Taliban. (Istimewa)
Keterangan foto: Pejuang Taliban. (Istimewa)

JAKARTA, infokalbar.com – Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid meminta Amerika Serikat (AS) segera menghentikan proses evakuasi para tenaga terampil mereka keluar dari Afghanistan. 

“Kami meminta mereka untuk menghentikan proses ini, negara ini membutuhkan keterampilan mereka, mereka tidak boleh dibawa ke negara lain,” kata Mujahid seperti dilansir Republika.co.id, Rabu (25/08/2021).

Sebelumnya, setelah Taliban menguasai Afghanistan, banyak warga yang khawatir kalau milisi bersenjata itu akan mengulang pemerintahan keji pada 1996 hingga 2001, serta membalas dendam pada warga Afghanistan yang bekerja untuk pemerintah yang didukung AS selama 20 tahun terakhir.

Sejauh ini, Taliban yang mengakhiri perang 20 tahun usai merebut ibukota Kabul cukup toleran dengan proses evakuasi. Tapi, mereka dengan tegas menolak perpanjangan tenggat waktu 31 Agustus yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Mujahid juga meminta warga Afghanistan untuk pulang ke rumah mereka dan kembali menjalani kehidupan sehari-hari dengan tenang. Mujahid memastikan pada massa yang berkumpul di bandara, bahwa mereka dapat pulang ke rumah. Taliban menjamin keamanan mereka. (FikA)

Leave a Reply

Your email address will not be published.