mgid.com, 605850, DIRECT, d4c29acad76ce94f
banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90

Prosesi Ritual dan Pengukuhan Ketua Adat Selako Berjalan Lancar

  • Share
Keterangan foto: Ketua Adat Dayak Selako yang baru, Yanto. (Istimewa)
Keterangan foto: Ketua Adat Dayak Selako yang baru, Yanto. (Istimewa)

SINGKAWANG, infokalbar.com – Setiap daerah sudah pasti tentunya memiliki berbagai macam jenis suku dan budaya masing masing akan tetapi apapun suku dan agamanya kita semuanya tetap Satu Nusa Satu Bangsa yang berkewajiban untuk saling menghargai antar satu sama yang lainnya dalam satu kerukunan hidup, hidup berdampingan sebagai sesama saudara sebangsa dan setanah air.

Berbicara masalah adat dan suku budaya, hari ini, Kamis 14 Oktober 2021, di Kelurahan Mayasopa Singkawang Timur Kota Singkawang Provinsi Kalimantan Barat, melakukan ritual adat sekaligus pengukuhan Ketua Adat Dayak Selako yang baru, Yanto.

Acara ritual dan sekaligus pengukuhan Ketua Adat Dayak Selako yang dilaksanakan di aula Kantor Kelurahan Mayasopa Singkawang Timur ini dilakukan oleh Kepalo Binuo, Marsianus Kodim. 

Turut hadir dalam acara tersebut, beberapa orang pejabat daerah seperti; Awang Martin selaku Camat Singkawang Timur, Remigius Ronald selaku Lurah Singkawang Timur, bhabinkamtibmas dari unsur Polri dan Babinsa dari unsur TNI. Selain itu hadir pula, tokoh adat Dayak Selako serta tamu undangan lainnya.

Kepalo Binuo, Marsianus Kodim kepada wartawan Infokalbar.com menekankan pentingnya untuk saling bekerjasama, menjalin persatuan dan kesatuan, baik antar suku maupun dengan agama manapun.

“Perkuat NKRI. Karena kita adalah bangsa yang mempunyai budaya. Bangsa yang mempunyai adat. Tetap menjaga adat, secara istiadat kita, dan kekompakan kita,” terangnya.

Marsianus Kodim juga mengatakan, untuk program kedepannya, pihaknya juga akan terus meningkatkan jalinan sinergitas dengan pemerintah, mengedepankan kelestarian lingkungan, menjaga kekayaan atau sumber daya alam dengan memanfaatkannya dengan sebijak-bijaknya.

“Sumber daya alam itu kita gali, kembali kita hidupkan sebagai aset dan budaya kita, supaya sumber sumber daya alam itu bisa berkembang dan dinikmati oleh masyarakat banyak,” jelasnya. 

Disinggung Infokalbar.com perihal persiapan acara ritual dan sekaligus pengukuhan Ketua Adat Dayak Selako yang baru, Marsianus Kodim menyampaikan, rasa syukur, lantaran semuanya dapat berjalan dengan lancar dan sesuai rencana.

“Tidak ada kendala, dan berjalan dengan lancar. Pesan saya, apapun sukunya, apapun agamanya, kita semuanya tetap satu dan bersatu NKRI dan NKRI harga mati,” tutupnya. 

Selain itu, selaku Kepalo Binuo Selako, Marsuanus Kodim juga mengucapkan terima kasih kepada panitia pelaksana acara dan kepada seluruh undangan.

“Baik dari pihak instansi pemerintah maupun tokoh adat yang telah hadir dalam acara ritual dan pengukuhan Ketua Adat Selako pada hari ini,” tutupnya. (Indra)

  • Share