Berita  

Reses Ketiga, Legislator Partai Golkar Siti Syamsiah Komitmen Terus Perjuangkan Aspirasi Masyarakat

SINGKAWANG, infoKalbar.com – Legislator Partai Golkar DPRD Kota Singkawang, Siti Syamsiah Hutapea, melaksanakan agenda reses ketiganya dalam tahun ini, pada Kamis (21/10/2021).

Dalam kesempatan itu, Siti Syamsiah Hutapea berkomitmen bakal terus memperjuangkan aspirasi masyarakat yang ada di daerah pemilihan (dapil)-nya.

“Alhamdulillah reses berjalan lancar dan sukses. Memang setiap saya reses–seperti yang tadi bapak perhatikan tidak terlalu banyak memang sebenarnya keinginan dari warga. Yang paling banyak permintaan itu adalah dari segi pembangunan,” katanya kepada Infokalbar.com.

Ia mengakui, jika dapilnya rentan terhadap ancaman bencana banjir, dimana hal itu juga turut menjadi concern-nya sejak awal.

“Nah memang terhadap banjir prioritas saya yang, saya utamakan itu adalah mencegah terjadinya banjir,” tambahnya.

Adapun bentuk program yang bakal dicanangkan nantinya, yakni seputar dengan kemaslahatan masyarakat banyak, seperti pembuatan drainase, pembersihan saluran, perbaikan jembatan roboh dan lainnya.

“Itu akan sangat saya prioritaskan dulu. Apabila memang sampai periode saya 2024 ternyata masih ada program saya yang belum saya laksanakan, Insya Allah mungkin nanti kalau saya terpilih kembali, itu akan saya prioritaskan yang pertama. Tadi saya juga memohon doa restunya dari masyarakat, mudah-mudahan periode berikutnya saya terpilih kembali,” tutur Siti Syamsiah Hutapea.

Lebih lanjut Siti menyampaikan, memang tidak semua aspirasi masyarakat dapat terealisasi sekaligus, hal itu lantaran keuangan APBD Kota Singkawang yang juga terbatas. Namun demikian, ia akan berjuang hingga kemeja paripurna agar aspirasi-aspirasi yang sifatnya mendesak dapat segera terealisasi.

“Sudah saya sampaikan bahwa ini akan saya usulkan ke Pemkot untuk segera direalisasikan pembangunannya dan memang itu nanti kami akan ada tahapan-tahapannya, Insya Allah mudah-mudahan semuanya akan terealisasi lah,” ucap Siti Syamsiah Hutapea.

Diluar itu, Siti Syamsiah Hutapea mengharapkan jika terdapat aspirasi-aspirasi yang belum sempat tercover atau disampaikan dalam reses ink, dapat kiranya masyarakat menyampaikan hal itu kepada masing-masing koordinator yang ada di tiap-tiap kelurahan dan kecamatan

“Karena tidak mungkin semuanya menghadap ke saya dan saya dapat menghadapi semuanya. Nanti (mekanismenya), mereka bisa menyampaikan ke koordinator, dan koordinator lah yang akan menyampaikan kepada saya, datang ke kantor untuk menjumpai saya,” tutupnya.

Di lokasi reses, salah satu tokoh masyarakat Singkawang Tengah, Sumarno  mengatakan, reses Anggota DPRD merupakan momen yang paling bagus, karena dengan bertatap muka langsung, pihak masyarakat dapat langsung menyampaikan segala aspirasinya.

“Karena saya ada di Singkawang–mungkin baru kali inilah seorang Siti Syamsiah Hutapea sebagai Anggota DPRD turun langsung ke lapangan, ini yang saya sangat-sangat berterima kasih telah mendengar dari aspirasi masyarakat, apa keluhan-keluhan masyarakat, sehingga seorang dewan seperti ini yang kita perlukan, begitu jadi tidak lah hanya duduk-duduk belakang meja, karna kalau dulu-dulu itu tidak seperti ini, nah ini sangat berterima kasih kami kepada salah satu anggota DPRD yang seperti ini,” ungkap Sumarno. 

Sumarno berharap, agar Siti Syamsiah Hutapea dapat terus dekat dengan masyarakat dapilnya, dan terus menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat, dimana hal itu dapat menjadi suatu nilai tambah bagi seorang anggota dewan untuk lebih dicintai masyarakatnya.

“Memang ada hal hal yang keinginan masyarakat yang memang belum dipenuhi, karena memang terbatasnya waktu, juga kadang-kadang menyebabkan keterbatasan daripada seorang anggota dewan itu untuk memenuhinya, dan kadang-kadang juga bidang-bidangnya kan juga berbeda, apa yang diaspirasi kan ke masyarakat antara satu Anggota DPRD ini bisa beda dengan yang lainnya di DPRD, sehingga hanya ditampung,” katanya.

“Mudah-mudahan Ibu Siti sehat dan panjang umur, Insya Allah, masyarakat mendengar tadi–terutama ibu-ibu, inikan mungkin dari 100 persen hari ini (yang hadir), 90 persennya ibu-ibu yang banyak bertanya dan memberikan aspirasinya,” tutup Sumarno.

Sebelumnya, reses Anggota DPRD dilakukan sebanyak 3 kali dalam setahun. Untuk Siti Syamsiah Hutapea, dalam setiap kali reses, dirinya mengunjungi  sebanyak dua titik lokasi, reses tersebut dihadiri 50 sampai 100 orang. (Indra)

Leave a Reply

Your email address will not be published.