Berita  

“Kalau Bersih Kenapa Risih?”, Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie Enggan Tanggapi Permintaan Audiensi LSM Anti Korupsi

SINGKAWANG, infokalbar.com – “Kalau Bersih Kenapa Risih?”. Ungkapan tersebut agaknya pantas dilemparkan kepada Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie yang enggan menanggapi permintaan audiensi dari salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang salah satu bidangnya berfokus pada persoalan anti korupsi, Forum Wartawan & LSM Provinsi Kalbar Korwil Singkawang.

Informasi ini terungkap, ketika Wakil Ketua Forum Wartawan & LSM Provinsi Kalbar Korwil Singkawang yang sekaligus Kepala Biro media Infokalbar.com wilayah kerja Singkawang, Indra, mendatangi kantor Wali Kota Singkawang, Senin (25/10/2021)–guna mengkonfirmasi atau menindaklanjuti surat resmi permintaan audiensi yang telah dikirimkan pihak Forum Wartawan & LSM Provinsi Kalbar Korwil Singkawang beberapa bulan lalu.

Kedatangan Indra kala itu, bersama rekan Media Sergap TKP Kaperwil Kalimantan Barat–yang juga merupakan aktivis Forum Wartawan & LSM Korwil Singkawang.

“Akan tetapi saat di konfirmasi ke ruang Staf Wali Kota Singkawang, Mario, mengatakan, terkait surat resmi dari pihak Forum Wartawan & LSM Korwil Singkawang yang bapak masukkan beberapa bulan yang lalu sudah kami naikkan lewat ajudan Ibu walikota dan surat itu sudah naik ke meja Ibu Wali Kota, akan tetapi belum ada surat tanggapan resmi yang turun ke kami” ucap Mario.

Menanggapi hal ini, Rudi Wisnu sebagai Ketua Forum Wartawan & LSM Kalimantan Barat Korwil Singkawang–yang dihubungi via seluler–mengaku sangat kecewa dengan sikap Wali Kota Singkawang tersebut.

“Kami sangat kecewa dengan sikap pihak Pemerintahan Kota Singkawang khususnya kepada Ibu Wali Kota Singkawang, Ibu Tjhai Chui Mie dalam menyikapi permohonan waktu audiensi kami yang sudah kami layangkan surat resmi ke kantor beliau sebanyak 3 kali,” jelasnya.

“Dan kemudian hari ini Senin tanggal 25 Oktober 2021 dua orang dari perwakilan Forum Wartawan LSM Korwil Singkawang datang untuk mempertanyakan kembali (namun tak ada tanggapan), sehingga saya sebagai ketua merasa ada apa dengan Pemerintah Kota Singkawang,” tambah Rudi dengan nada penuh kesal.

Keterangan foto: Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie. (Istimewa)

Keengganan Tjhai Chui Mie untuk merespon LSM yang getol menyuarakan pemberantasan korupsi ini mengundang tanda tanya besar. Dan hingga berita ini dirilis, Tjhai Chui Mie juga tidak memberikan keterangan jelas apapun terkait surat permohonan tersebut.

“Alasannya apa, sampai sekarang kami tidak mengetahuinya,” jelas Rudi.

“Bagi saya itu sangat-sangat mengecewakan, bersikap seperti itu kepada kami Forum Wartawan & LSM Korwil Singkawang,” sambungnya.

Rudi pun kemudian menyitir derasnya arus pemberitaan yang dilakukan oleh beberapa media massa–yang mungkin sebagiannya merupakan ‘partisan’–terkait segudang penghargaan ini dan itu yang diberikan kepada sang Wali Kota, salah satunya terkait soal penghargaan ‘keterbukaan informasi oleh publik’.

“Wali Kota Singkawang pernah menerima penghargaan dari salah satu forum wartawan, tetapi tidak terbukti dengan tidak mengindahkan audiensi yang dilayangkan oleh Forum Wartawan & LSM Korwil Singkawang ini, sehingga timbul pertanyaan prestasi seperti apa yang diberikan kepada beliau untuk kali ini kami?” ujarnya.

Padahal menurutnya, aktivis-aktivis yang tergabung dalam Forum Wartawan & LSM ini merupakan figur-figur kritis dan vokal dalam membantu jalannya pemerintahan yang efektif dan bersih. Termasuk beberapa awak media massa yang tergabung di dalamnya.

“Memang saya mengakui yang bergabung di Forum ini adalah LSM dan wartawan yang sangat vokal dan kritis kepada Kota Singkawang, tetapi kami bukan pemberita hoax atau LSM yang mencari-cari kesalahan pemerintahan, kami murni mengkritisi. Apakah Pemerintah Kota Singkawang ini alergi atau anti kritisan seperti itu,” ungkap Rudi.

“Jadi intinya kami sangat kecewa dengan sikap dari Ibu Wali Kota yang tidak ada balasan atas surat resmi yang kami layangkan sebanyak 3 kali ke kantor Wali Kota Singkawang, supaya kita tahu kenapa tidak menerima kami? Apakah kami ini dianggap sebagai satu forum yang ilegal? Atau dianggap forum kami ini tidak seberapa penting untuk di ditemui?,” cecarnya.

Rudi berharap, dalam waktu dekat ini, Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie dapat memberikan keterangan berupa jawaban tertulisnya tentang alasannya tidak menanggapi surat dari pihak Forum Wartawan & LSM.

“Kami juga dari forum ini merasa betul-betul disepelekan, betul-betul tidak dihargai oleh seorang Wali Kota Singkawang, Ibu Tjhai Chui Mie,” tutup Rudi. (Indra)

Leave a Reply

Your email address will not be published.