mgid.com, 605850, DIRECT, d4c29acad76ce94f
banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90

Buka Pelatihan Manajemen Pengkoperasian, Ini Harapan Wabup Yohanes Ontot

  • Share

SANGGAU, infokalbar.com – Wakil Bupati Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M.Si membuka kegiatan Pelatihan Manajemen Pengkoperasian Bagi Gerakan Koperasi dan UMKM (DAK Non-Fisik) di Kabupaten Sanggau Angkatan Ketiga Tahun Anggaran 2021 yang dilaksanakan di Aula Hotel Emerald, Selasa (26/10/21).

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Perindagkop dan UM Kabupaten Sanggau Sy. Ibnu Marwan, SH, M.Si, Narasumber dari Disperindagkop Provinsi Kalimantan Barat, serta para peserta pelatihan yang berasal dari beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Sanggau.

Dalam kesempatan tersebut Kadis Perindagkop dan UM Kabupaten Sanggau menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang ketiga dalam tahun 2021.

“Kegiatan pelatihan manajemen pengkoperasian pada hari ini adalah angkatan yang ketiga yang telah kita laksanakan dalam tahun 2021,” tuturnya.

Lebih lanjut Sy. Ibnu Marwan, SH., M.Si menyampaikan bahwa kegiatan tersebut diikuti sebanyak 40 orang guna memberikan pemahaman kepada koperasi yang memiliki kendala dalam menyusun laporan agar dapat menciptakan menejemen yang lebih baik.

“Para peserta yang mengikuti sebanyak 40 orang yang merupakan pengurus koperasi yakni ketua, sekretaris, dan bendaharanya yang hadir. Kemudian kita prioritaskan kepada koperasi yang memiliki kendala atau kesulitan mulai dari memanajemen hingga penyusunan laporan dan juga kepada koperasi yang baru terbentuk,” ungkapnya.

Selanjutnya ia berharap agar setiap koperasi dapat melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) karena dinilai masih banyak koperasi yang belum melaksanakan RAT padahal itu wajib dilaksanakan oleh setiap koperasi sebagai bentuk pertanggung jawaban kepada anggotanya.

“Saya harap setelah kegiatan ini maka setiap Koperasi akan melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) karena hal tersebut wajib dilaksanakan oleh seluruh koperasi setiap tahunnya. Saat ini menurut catatan dari 263 Koperasi yang aktif baru 53 Koperasi yang telah melaksanakan RAT,” ujar Kadis Perindagkop dan UM Kabupaten Sanggau.

Kemudian saat diwawancarai Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot menyampaikan harapannya agar setiap koperasi yang ada di Sanggau dapat mempunyai sistem manajemen yang baik.

“Kita tentu berharap kedepannya nanti setiap koperasi dapat mengelola administrasi dengan baik, yakni manajemen di dalam antar anggota koperasi maupun hubungan dengan pihak luar sehingga dapat membantu anggota yang merupakan masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraannya,” ujar Yohanes Ontot.

Di akhir wawancaranya Wakil Bupati Sanggau mengatakan bahwa koperasi memiliki kontribusi dalam peningkatan ekonomi masyarakat yang tentunya akan didukung pemerintah.

“Saya rasa Kontribusi koperasi cukup besar dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dan tentu didukung oleh pemerintah, oleh karena itu harus dapat di manajemen dengan baik mulai dari SDM, keuangan serta aset peralatan perlengkapan yang ada agar hasilnya dapat maksimal,” tutur Yohanes Ontot menutup wawancaranya.

  • Share