banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250
Berita  

William Soumokil Nahkodai FKPELA Periode 2021-2025 Melalui Musyawarah Besar

SINGKAWANG, infokalbar.com – Dalam rangka terus menggerakan roda organisasi, Forum Komunikasi Pemuda Lintas Agama (FKPELA) Kota Singkawang  melaksanakan amanat Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), dengan menggelar Musyawarah Besar FKPELA, Jumat (10/12/2021).

Salah satu agenda Musyawarah Besar ini ialah menyelenggarakan Pemilihan Ketua Umum FKPELA yang baru periode 2021-2025. Hal ini pun dilakukan setelah Ketua Demisioner Rabuansyah mengakhiri masa jabatan di tahun 2021 ini–sesuai dengan SK Walikota Singkawang No. 400/218/SETDA Kesra-C Tahun 2019 tentang Perubahan Susunan Pengurus FKPELA periode 2017-2021. 

Pemilihan Ketua Umum FKPELA yang baru ini diharapkan oleh pengurus FKPELA untuk tetap melaksanakan visi misi FKPELA di Kota Singkawang kedepan yang semakin memberi tantangan dan harapan baru di tengah kemajemukan masyarakat khususnya di Kota Singkawang.

FKPELA berkomitmen bahwa pemuda tetap harus memberikan kontribusi positif bagi daerahnya dan bagi bangsa dan Negara. Sebagaimana Negara Kesatuan Republik Indonesia ini berdiri tak lepas dari peran besar pemuda, demikian sampai saat ini pemuda tetap menjadi penggerak-penggerak perubahan di berbagai bidang, tak terkecuali dalam kemajemukan bangsa Indonesia yang terdiri dari beragam-ragam suku bangsa, agama, dan bahasa, pemuda menjadi tonggak peradaban generasi penerus bangsa yang menjunjung tinggi Bhineka Tunggal Ika generasi muda yang memiliki adab berasaskan Pancasila cita cita luhur bangsa Indonesia. 

Dalam Mubes ke 2 FKPELA, Umar Faruk sebagai Ketua Panitia Penyelenggara Mubes ke 2 FKPELA mengucapkan banyak terima kasih kepada rekan-rekan pengurus.

“Sehingga acara yang berlangsung sederhana namun cukup alot ini dapat terselenggara sesuai dengan waktu yang telah dijadwalkan bersama, pada Jumat 10 Desember 2021 pukul 19.30 WIB di salah satu ruang pertemuan resto di Kota Singkawang,” ujar Umar.

Acara Mubes dihadiri oleh para pengurus FKPELA yang terdiri dari beberapa tokoh pemuda lintas agama diantaranya; Ketua Pemuda Muhammadiyah Kota Singkawang, Ketua Pemuda MAKIN, Sekjen Pemuda Muhammadiyah Singkawang, Pengurus Lapeksdam Singkawang, Dewan Pendiri FKPELA, Sekretaris Tanfidsyah PCNU Singkawang, Jhonni Sun, Wakil Ketua FKPELA, dan pengurus FKPELA lainnya yang memenuhi unsur keterwakilan agama. 

Acara Mubes pemilihan Ketua Umum FKPELA periode 2021-2025 dibuka dengan doa bersama dilanjutkan dengan kata sambutan Ketua dan Dewan Pendiri FKPELA, pembahasan pemilihan Ketua Umum FKPELA berdasarkan AD/ART dilanjutkan dengan mekanisme pemilihan Ketua Umum FKPELA dan akhirnya Ketua Panitia Mubes menetapkan Willliam Soumokil terpilih secara aklamasi dalam Mubes sebagai Ketua Umum FKPELA yang baru periode 2021-2025.

Berita acara Pemilihan Ketua Umum FKPELA dan Susunan Pengurus FKPELA periode baru ini akan segera dilayangkan kepada Walikota Singkawang untuk dikeluarkan SK Kepengurusan dengan tembusan kepada Kapolres Singkawang, Komandan Kodim 1202 Skw, FKUB Kota Singkawang sebagai Dewan Penasehat–dan selanjutnya akan ditetapkan waktu pelantikan Ketua dan Pengurus FPELA masa periode baru.

Ketua Umum FKPELA terpilih, William Soumokil menuturkan kepada media infoKalbar.com, Sabtu 11 Desember 2021, dirinya mengucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada Panitia Mubes ke 2 dan segenap Pengurus FKPELA.

“Sehingga amanat AD/ART FKPELA ini dapat dijalankan dan akan melanjutkan perjuangan serta visi dan misi FKPELA kedepan dalam menjunjung tinggi toleransi dan kemajemukan di tanah air khususnya di Kota Singkawang yang kita cintai,” ucapnya.

Lebih lanjut, William juga mengatakan FKPELA akan terus terbuka dalam menjaring regenerasi muda milenial untuk mencintai Pancasila, Bhineka Tunggal Ika dan menjaga perdamaian di tengah masyarakat Kota Singkawang yang plural.

“Generasi muda yang labil rentan terhadap isme-isme sesat yang memecah belah bangsa dan negara, untuk itu visi dan misi FKPELA akan menyentuh kaum milenial khususnya dalam membangun peradaban yang cinta Pancasila dan kemajemukan sebagai kodrat  di tengah masyarakat,” tegasnya.

Untuk kedepan, FKPELA kata dia, akan terus berusaha agar pemuda dapat terus berperan mendorong pemerintah dalam pembangunan SDM dan menjaga perdamaian kondusifitas di tengah masyarakat Singkawang. 

“Sesuai mekanisme pemilihan Ketum setelah ini berita acara akan kita kirimkan kepada Walikota Singkawang selaku Ketua Dewan Pembina FKPELA dan akan dikeluarkan SK Kepengurusan periode 2021-2025 selanjutnya kita akan mengatur jadwal pelantikan,” ujarnya.

“Sekali lagi selamat untuk FKPELA Kota Singkawang atas terpilihnya Ketua Umum yang baru dan ucapan terima kasih kepada Ketua Umum sebelumnya yang telah membuat semua ini bisa berjalan dengan baik,” tutupnya. (Indra)

Leave a Reply

Your email address will not be published.