banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250
Berita  

Resmikan Tiga Pembangunan RTLH, Dandim 1201: Ini Merupakan Wujud Nyata Kemanunggalan TNI Kepada Masyarakat Kurang Mampu

MEMPAWAH, infokalbar.com – Pada Jumat, tanggal 14 Januari 2022, Komandan Kodim 1201/Mempawah, Letkol Inf Dwi Agung Prihanto, meresmikan tiga Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di wilayah Kodim 1201/Mph.

Ketiga RTLH tersebut diantaranya milik Utin Hairunnisa di wilayah Koramil 05/Toho di Desa Sepang, Kecamatan Toho, Kabupaten Mempawah. Kemudian milik Mustafa yang berada di wilayah Koramil 01/Jungkat di Desa Sungai Nipah, Kecamatan Jongkat, Kabupaten Mempawah, dan milik Edi Suhardi yang berada di wilayah Koramil 03/Mempawah Hilir milik di Desa Pasir, Kecamatan Mempawah Hilir, Kabupaten Mempawah.

Dalam sambutan peresmian yang dipusatkan di lokasi RTLH di Desa Sepang, Kecamatan Toho, Kabupaten Mempawah, Dandim 1201/Mph Letkol Inf Dwi Agung Prihanto mengatakan, bahwa pelaksanaan pembangunan rumah tidak layak huni ini merupakan wujud nyata dari kemanunggalan TNI kepada masyarakat yang kurang mampu.

Oleh karenanya, Dandim menyampaikan, bahwa prajurit TNI Angkatan Darat sangat mendukung program-program pemerintah, utamanya yang bersifat sosial kemasyarakatan dengan semboyan “TNI Kuat Bersama Rakyat, Dimana Ada Kesulitan Rakyat Kami Selalu Siap Untuk Membantu”.

“Semua ini termasuk salah satu dari pengamalan 8 wajib TNI, menjadi contoh dan memelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat di sekelilingnya, diantaranya membangun rumah warga yang tidak layak huni sehingga menjadi layak huni,” ujar Dandim.

Letkol Inf Dwi Agung menjelaskan, sejauh ini sudah terdapat 17 rumah RTLH yang telah selesai dibangun di wilayah Kodim 1201/Mph, dan dari ketiga rumah yang diresmikan terakhir ini, satu rumah di Toho merupakan program langsung dari karya bakti TNI-AD dan dua lainnya merupakan swadaya Kodim 1201/Mph. 

Ia menyebutkan, kegiatan program RTLH ini dikerjakan dengan mengedepankan semangat gotong-royong, bersama mitra dan masyarakat sekitar, sehingga dalam proses pengerjaannya lebih cepat tanpa mengabaikan kualitas bangunan.

“Semua bergerak saling membantu guna mendukung upaya pemerintah untuk mengentaskan permasalahan sosial rumah tidak layak huni,” ujarnya.

Dengan diresmikannya penggunaan RTLH ini, Dandim menyampaikan, besar harapan TNI AD khususnya Kodim 1201/Mph–bahwa dengan adanya bedah rumah ini turut menjadikan motivasi bagi masyarakat untuk saling bahu membahu membantu warga yang tidak mampu di sekitar lingkungannya.

“Saya berpesan kepada penerima rumah untuk menjaga dan merawatnya sehingga rumah tetap berdiri kokoh, sehingga dapat menjadikannya tempat berteduh yang nyaman dan aman bersama keluarga,” ucap Dandim saat menyerahkan kunci rumah baru kepada Utin Hairunnisa.

Dalam kesempatan yang sama, Dandim juga menyinggung soal pandemi Covid-19 yang belum berakhir. Dimana ia bersyukur, selama dalam proses pembangunan RTLH ini tetap menjaga disiplin protokol kesehatan guna mencegah dan memutus penyebaran virus Covid-19.

“Saya menghimbau kepada masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan dengan menjalankan 5M. Cuci tangan secara rutin, pakai Masker, menjaga Jarak, menjauhi Kerumunan, dan mengurangi mobilitas kalau tidak perlu,” tutur Dandim.

Sementara itu, Syahbudin selaku Ketua RW 04, Desa Sepang, Kecamatan Toho menyampaikan, pelaksanaan pembangunan RTLH ini berawal dari dirinya yang mendapat permintaan dari Babinsa Desa Sepang Koramil 05/Toho, Serma Jumro Isnainiansyah, untuk mencarikan rumah warga yang mempunyai empat kriteria, diantaranya orang yang tidak mampu, rumah dari papan, tanah bersertifikat atau hak milik dan penghasilan tidak menentu.

“Dengan rumah empat kriteria tersebut  yang saya dapat, rumah milik Ibu Utin Hairunnisa, pada beberapa waktu belum ada kabar adanya pembangunan rumah dan saya was-was karena cuma janji bukan bukti, Alhamdulillah dari Kodim 1201 Mempawah terbukti pada hari ini sudah ditepati, dan ini merupakan wujud nyata Kodim 1201/Mph membantu masyarakat yang tidak mampu sekarang sudah dapat di nikmati oleh Ibu Utin Hairunnisa bersama keluarga,” ujarnya.

Selanjutnya, penyerahan kunci rumah oleh Dandim 1201/Mph ini turut dihadiri perwakilan Bupati Mempawah, perwakilan Kapolres, Kajari, Camat Toho, Danramil, Kapolsek, dan Kapuskesmas. 

Selain itu hadir pula Kades Desa Sepang, para tokoh masyarakat Desa Sepang, Ketua RT, dan warga setempat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Dalam kesempatan itu, Utin Hairunnisa juga mendapat bantuan berupa 10 paket sembako dari Kodim 1201/Mph dan peralatan memasak dari Kapolsek Kecamatan Toho, IPDA Dian Kristianto. (Pendim 1201/Mph/Rilis/FikA)

Leave a Reply

Your email address will not be published.