mgid.com, 605850, DIRECT, d4c29acad76ce94f
Berita  

Wujudkan Kebersamaan, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns Anjangsana Membuat Makanan Khas Tradisional

SAMBAS, infokalbar.com – Guna mewujudkan kebersamaan di daerah binaan, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns melakukan anjangsana ke rumah warga sambil membuat makanan khas tradisional nasi lemang di Desa Sebunga, Kampung Aping, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas.

Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, dalam keterangan tertulisnya di Makotis Entikong, Kabupaten Sanggau, pada Senin (24/01/2022) mengatakan, bahwa kegiatan ini dilakukan oleh 2 orang personil Pos KM 28–dengan dipimpin oleh Pratu Marcelus Tomi.

Dansatgas mengungkapkan berbagai cara dilakukan Satgas Pamtas untuk terus mempererat tali silaturahmi dan dekat dengan masyarakat di perbatasan Kalbar, salah satunya melalui kegiatan anjangsana atau berkunjung ke rumah warga. Dan kali ini diselingi dengan pembuatan makanan khas tradisional yaitu nasi lemang bersama-sama warga.

Nasi lemang adalah salah satu makanan khas tradisional suku Dayak di Kalbar, berbahan dasar dari ketan yang diolah dengan cara yang unik. Pertama dengan mengolah beras ketan bersama dengan bumbu-bumbu khas suku Dayak, kemudian dibungkus dengan daun pisang agar memiliki rasa yang gurih. 

“Setelah dibungkus rapat dan dibakar selama 5 jam,” terang Dansatgas.

Ia menyampaikan, anjangsana ke seluruh komponen bangsa di daerah penugasan menjadi hal yang sangat penting untuk mendukung keberhasilan tugas dan terjalinnya kemanunggalan TNI-Rakyat.

Terpisah, Danpos KM 28, Sertu Suryanto mengatakan, anjangsana yang dilaksanakan oleh Pos KM 28 bertujuan untuk menjalin silaturahmi sekaligus melihat secara langsung kondisi warga di sekitar dengan melakukan kegiatan pembuatan makanan khas tradisional di perbatasan.

“Kami ingin selalu menjaga kebersamaan dengan melakukan anjangsana dan juga mempelajari pembuatan makanan khas tradisional nasi Lemang, kedepan bisa kami perkenalkan di daerah kami masing-masing,” ujar Danpos.

Sementara itu, Martinus Jaya (48 tahun), salah satu warga, menyambut baik anjangsana yang dilakukan Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns ini, selain menjalin silaturahmi juga merupakan wujud kepedulian Satgas kepada warga Desa Sebunga.

“Kami berterima kasih kepada Satgas Pamtas yang selalu peduli kepada kami dengan melakukan anjangsana ke rumah-rumah warga, Ini bentuk penghormatan dan kepedulian kepada warga desa kami,” ujar Martinus. (Pen Satgas Pamtas 643/Rilis/Wan Daly)