Berita  

Apel Gelar Operasi Liong Kapuas, Kapolda: Perayaan Budaya Ditiadakan Namun Ibadah Tetap Dilaksanakan

PONTIANAK, infokalbar.com – Menjelang perayaan Imlek 2573 dan Cap Go Meh 2022, Kepolisian Daerah Kalimantan Barat menggelar apel Operasi Liong Kapuas 2022, Senin (31/01/2022).

Kapolda Kalbar, Irjen Pol Suryanbodo Asmoro menjelaskan, Apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengecek kesiapan seluruh personel dan sarana prasarana.

“Menunjukan kepada masyarakat bahwa Polda Kalbar bersama Stakeholder telah siap dalam mengamankan hari raya Imlek dan Cap Go Meh 2022,” jelasnya.

Menurutnya, pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, maka dengan ini meniadakan perayaan budaya pada tanggal 15 Februari 2022 sesuai dengan instruksi Gubernur Kalimantan Barat, namun perayaan ibadah Imlek tetap dilaksanakan.

“Pengamanan Imlek 2573 dan Cap Go Meh 2022 merupakan upaya tugas pokok negara dalam melancarkan perayaan etnis Tionghoa, karena Kalimantan Barat hidup rukun bersama dengan berbagai etnis,” ujar Kapolda Kalbar.

Jenderal Bintang dua itu menyampaikan, ada 8 titik fokus pengamanan, untuk saat ini berfokus pada Kota Pontianak dan Kota Singkawang.

“Laksanakan patroli gabungan antara TNI-Polri dan instansi lainnya dan pembagian pos,” ungkapnya.

Selain itu, Gubernur Kalbar, H Sutarmidji juga menyampaikan, Perayaan budaya Cap Go Meh 2022 tidak diizinkan, karena takut terjadi adanya kerumunan.

“Untuk pelaksanaan ibadah Imlek tetap dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” tutupnya. (Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes Pol Dirmanto/Bripda Juni/Yuni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *