Berita  

Sambut Bulan Suci Ramadhan, Komunitas Sampan Bidar Tradisional Sintang Gelar Lomba Dayung Sampan Bidar di Pulau Perigi

SINTANG, infokalbar.com – Persatuan Olah Raga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) bersama Komunitas Sampan Bidar Tradisional Sintang menginisiasi penyelenggaraan kegiatan lomba persahabatan latihan dayung sampan bidar, pada Sabtu (26/03/2022) pagi, pukul 09:00 WIB.

Lokasi kegiatan ini bertempat di bagian perairan Sungai Kapuas yang diberi nama oleh masyarakat setempat sebagai arena Pulau Perigi. Tepatnya di Kelurahan Mekar Jaya Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat.

Dengan adanya kegiatan tersebut Komunitas Sampan Bidar Tradisional Sintang berharap agar kedepan tetap terus berlanjut, sehingga tradisi dan budaya sampan bidar dapat terus dilestarikan.

Kegiatan lomba tersebut dihadiri Alkadri selaku selaku donatur yang mensponsori kegiatan lomba dayung sampan, Camat Sintang Kota, Tatang Supriyatna, Lurah Kelurahan Menyumbong Tengah (Menteng), Fauzan, Bhabinkamtibmas Polsek Sintang Kota, Bripka Rian Rafid, Babinsa Sintang, Sertu Muhamad Jafar, PS Kanit Sabhara Polsek Sintang Kota serta tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu, mengawali pembukaannya, Alkadri meminta agar tradisi dan budaya semacam ini tetap terus dilestarikan.

“Saya mewakili teman-teman donatur, katakanlah mewakili teman-teman PODSI sekaligus mewakili teman-teman Komunitas Sampan Bidar Tradisional Kabupaten Sintang. Tadi saya juga bincang-bincang dengan teman bahwa teman komunitas yang melaksanakan. Dan kalau dilihat ini sebenarnya hanya setingkat RT tapi luar biasa teman-teman Komunitas Sampan Bidar Kabupaten Sintang bisa melaksanakan sampai hadir pada hari ini dari tiga kabupaten termasuk Kabupaten Sintang,” jelas Alkadri.

Alkadri menambahkan, official sampan bidar berasal Kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten Sekadau dan Kabupaten Sintang. Tujuan panitia yang melaksanakan lomba sampan bidar tradisional ini sekaligus dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan yang tidak lama lagi dilaksanakan.

“Mudah-mudahan disini, hadir Pak Camat, dapat support dari beliau. Kemudian tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, orang-orang tua kami, para alim ulama yang bisa hadir pada kesempatan kali ini mengungkapkan terimakasih semoga kegiatan ini tetap terus berlanjut,” tambah Alkadri.

Alkadri mengucapkan terima kasih kepada seluruh donatur yang telah mendukung kegiatan lomba sampan bidar tradisional tersebut.

Melalui pembukaan perlombaan dayung sampan bidar tradisional, Camat Sintang Tatang Supriyatna langsung membuka pelaksanaan kegiatan lomba dayung sampan bidar tradisional dengan diawali mengangkat sebuah bendera kecil di tangannya. (Tim/Red/Rilis)